oleh

Peringati HUT RI ke-71, Masyarakat RW 09 Api-api Kota Cirebon Gelar Upacara Bendera

CIREBON (CT) – Guna memperingati HUT RI ke-71, warga RW 09 Kelurahan Api Api, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon menggelar upacara bendara, bertempat di halaman masjid setempat, Rabu (17/08).

Nampak, seluruh warga dari anak-anak hingga orang tua turut mengikuti upacara tersebut yang berlangsung penuh khidmat.

Upacara bendera dilakukan sekitar pukul 08.30 WIB, dengan dipimpin langsung oleh Ketua RW setempat, Agung Junaedi.

Dikatakan Agung Junaedi, upacara tersebut dilakukan guna menumbuhkan rasa patriotisme pada anak-anak muda di lingkungan RW tersebut.

“Tujuannya jelas, kami mengajak warga untuk melakukan upacara bendera agar anak-anak muda khususnya, bisa menumbuhkan rasa patriot dan menghormati para pahlawan,” ujar Agung.

Senada dengan Agung, tokoh masyarakat RW 09 Api api, Aep Bustomi mengatakan, upacara bendera ini sengaja dilakukan untuk merangsang agar warga RW 09 lebih produktif setelah memahami perjuangan Indonesia.

Setelah melakukan upacara bendera, warga RW 09 Api-api ini memeriahkan HUT RI ke 70 dengan mengadakan beberapa lomba, diantaranya yakni panjat pinang. Berbagai macam hadiah dari mulai DVD, Kompor Gas, Kipas Angin dan lainnya diperebutkan dalam lomba panjat pinang tersebut.

Aep menambahkan, bahwa lomba panjat pinang ini mempunyai makna yang dalam. Hal itu dikatakan karena filosofi panjat pinang yakni adalah kerjasama dan gotong royong.

“Panjat pinang itu punya makna, perjuangan dan kerjasama. Bangsa yang mau bekerja, tuntas dan ikhlas. Dulu para pejuang gotong royong bersama untuk ‘menurunkan’ bendara Belanda, dan merobeknya hingga menjadi bendera merah putih,” tambahnya. (Iskandar)

BACA JUGA:   Muslimat NU Kuningan Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed