oleh

Pererat Sinergitas, Legislator dan Jurnalis Kuningan Wisata ke Desa Cibuntu

Citrust.id – Memperingati Hari Pers Nasional, DPRD Kuningan mengadakan Riding to Cibuntu yang diikuti puluhan pewarta. Rutenya mulai dari gedung DPRD, Jalan Lingkar Baru, Panawuan, Linggajati, Cibeureum, Mandirancan, dan finish di Desa Wisata Cibuntu, Pasawahan, Rabu (16/2).

Ketua PWI Kabupaten Kuningan, Nunung Khazanah, mengatakan media dan legislator mempunyai tupoksi yang sama, yakni pengawasan. Ia berharap, sinergitas antara media dan legislator tidak sekedar saat touring saja, tetapi terus berlanjut.

“Para pewarta hendaknya bisa lebih berkualitas, profesional, dan mengedepankn kode etik jurnalistik. Dengan demikina, anggota dewan tidak lagi merasa alergi dan takut didatangi wartawan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kuningan, Nuzul Rachdy menambahkan, melalui HPN, jurnalis Kuningan diharapkan bisa sejalan dengan DPRD, memberitakan secara seimbang, serta tidak menggoreng opini dan membully legislatif.

“Kami menggodog program melalui aturan untuk masyarakat dengan pembahasan-pembahasan yang cukup panjang. Itu juga harus jadi perhatian media,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua Hj. Kokom Komariyah menambahkan, ia berharap, saat ingin wawancara dengan anggota dewan atau siapapun, jurnalisclebih santun dan menjaga kode etik.

“Jangan sampai, ketika obrolan yang bukan konsumsi berita, malah jadi berita. Namun, keterangan resmi untuk beritanya, malah tidak muncul,” katanya.

Dirinya yakin, semua jurnalis yang ikut kegiatan tersebut adalah jurnalis yang profesional. Ia berharap jurnalis tetap berkontribusi sebagai pengawas pembangunan. (Andin)

 

Komentar