Penumpang KA Daop 3 Naik 19,6 Persen Selama Liburan

  • Bagikan
Penumpang KA Daop 3 Naik 19,6 Persen Selama Liburan
Penumpang KA Daop 3 naik 19,6 persen selama liburan. (Ist.)

Citrust.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon mencatat peningkatan jumlah penumpang sebesar 19,6 persen selama tujuh hari masa liburan, dibandingkan dengan periode tujuh hari sebelumnya.

Kenaikan itu dipicu oleh momentum libur Tahun Baru Islam 1 Muharam 1447 Hijriah yang bertepatan dengan awal liburan sekolah.

“Berdasarkan data dari 27 Juni hingga 3 Juli 2025, jumlah penumpang yang berangkat dari seluruh stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon mencapai 52.843 orang, atau rata-rata 7.549 penumpang per hari,” ujar Manajer Humas Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin, Sabtu (5/7/2025).

Adapun jumlah penumpang yang tiba di wilayah Daop 3 pada periode yang sama tercatat sebanyak 49.135 orang, atau rata-rata 7.019 penumpang per hari.

Stasiun Cirebon tercatat sebagai titik keberangkatan dan kedatangan tertinggi. Jumlah penumpang yang berangkat dari stasiun ini mencapai 21.341 orang atau sekitar 3.049 penumpang per hari. Disusul oleh Stasiun Cirebon Prujakan dengan jumlah 8.487 penumpang atau rata-rata 1.212 penumpang per hari.

Untuk kedatangan, Stasiun Cirebon mencatat 20.319 penumpang atau sekitar 2.903 orang per hari, sedangkan Stasiun Cirebon Prujakan mencatat 7.964 penumpang atau rata-rata 1.138 orang per hari.

“Selain faktor musim libur, lonjakan penumpang juga didorong oleh adanya promo diskon tiket kereta api kelas ekonomi non-subsidi sebesar 30 persen, yang berlaku sejak 5 Juni hingga 31 Juli 2025,” jelas Muhib.

Ia menambahkan, peningkatan itu menunjukkan tingginya minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi kereta api sebagai pilihan utama selama masa libur panjang.

“Angka ini diperkirakan masih akan bertambah karena masa libur sekolah masih berlangsung hingga pertengahan Juli 2025,” kata dia.

Tidak hanya arus penumpang dari dan menuju wilayah Daop 3 Cirebon yang meningkat, okupansi penumpang pada kereta api yang dioperasikan Daop 3 juga mengalami lonjakan signifikan.

BACA JUGA:  Layanan Tes GeNose Hadir di Stasiun Cirebon Prujakan

Dari sembilan kereta api yang tersedia dengan total kapasitas 19.250 tempat duduk, sebanyak 25.971 tiket telah terjual, atau tingkat okupansi mencapai 134,9 persen.

“KA Ranggajati yang melayani relasi Cirebon–Jember mencatat okupansi tertinggi hingga 303 persen,” ungkap Muhibbuddin.

Ia menambahkan, selama masa liburan sekolah dan perayaan Hari Ulang Tahun Kota Cirebon yang berlangsung hingga akhir Juli 2025, masyarakat juga dapat menikmati potongan tarif sebesar 10 persen untuk KA Gunungjati relasi Gambir–Cirebon–Semarang Tawang Bank Jateng (PP) dan KA Cakrabuana relasi Gambir–Cirebon–Purwokerto (PP), khusus untuk kelas eksekutif.

“Kami menyadari bahwa kereta api telah menjadi moda transportasi favorit masyarakat, khususnya saat liburan. Karena itu, KAI Daop 3 Cirebon berkomitmen memberikan pelayanan terbaik demi memastikan perjalanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” ujarnya.

Dalam rangka meningkatkan efisiensi layanan, KAI Daop 3 Cirebon kini telah menyediakan fasilitas Face Recognition Boarding Gate (FR) di Stasiun Cirebon Kejaksan dan Stasiun Cirebon Prujakan.

Melalui fasilitas itu, pelanggan tidak lagi perlu menunjukkan boarding pass dan KTP saat proses pemeriksaan. Cukup dengan memindai wajah, proses boarding menjadi lebih cepat dan praktis.

“Kami mengajak pelanggan untuk memanfaatkan layanan FR ini karena sangat memudahkan dan mempercepat proses boarding. Cukup daftar melalui aplikasi Access by KAI atau langsung ke petugas kami di stasiun,” tutur Muhib. (Haris)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *