oleh

Peneliti Ciptakan Minuman Enak dari Urin Manusia

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Dengan mesin tenaga surya, peneliti mengubah urin menjadi minuman beralkohol. Di Universitas Ghent, Belgia menciptakan perangkat berbasis teknologi surya dan membran khusus yang mampu memanfaatkan urin menjadi dua hal yaitu air dan pupuk. Metode ini sebelumnya diuji di sebuah festival musik di Ghent.

Tim peneliti mengumpulkan 1.000 liter air yang didapat dari urin pengunjung festival selama 10 hari. Kini mereka menggunakan air tersebut untuk membuat minuman yang mereka sebut From Sewer to Brewer.

Menurut Sebastiaan Derese, salah seorang peneliti Universitas Ghent, dengan proses sederhana dan bantuan tenaga surya, urin bisa diubah menjadi air layak minum dan pupuk.

Proses pemurnian urin dimulai dengan mengumpulkan urin di sebuah tangki. Tangki lalu dipanaskan menggunakan panas dari tenaga surya. Ketika urin menguap melewati membran, beberapa kandungannya dipisahkan.

Kandungan air diproses lebih lanjut menjadi air layak minum yang nantinya bisa diolah menjadi minuman. Sementara kandungan nitrogen dan fosfor dipisahkan untuk diolah menjadi pupuk.

Para peneliti berharap mesin pemurnian urin bisa diletakkan di lebih banyak tempat seperti di pusat perbelanjaan, arena olahraga, atau bandara. Tujuannya ialah mendaur ulang urin menjadi sesuatu yang lebih berguna.

Lebih jauh lagi metode ini bisa dimanfaatkan di negara-negara berkembang yang sulit mengakses air bersih. Cara kerja mesin pemurnian dinilai sederhana tanpa menggunakan tenaga listrik. (Net/CT)

BACA JUGA:   Kapal Perang Buatan Jerman Timur Bersandar di Pelabuhan Cirebon

Komentar

News Feed