oleh

Penataan Taman Nasional Zamrud Bisa Jadi Model Pencegahan Kebakaran Hutan

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Pusat Penelitian Kehutanan Internasional atau Center for International Forestry Research (CIFOR) mengharapkan Taman Nasional Zamrud di Kabupaten Siak, Provinsi Riau bisa menjadi model pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.

Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla rencananya akan meresmikan pembukaan Taman Nasional Zamrud, di Kabupaten Siak akhir pekan ini. Penetapan taman seluas 31 ribu hektare itu didasari Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No 350/2016.

Jenis utama dalam Taman Nasional Zamrud antara lain Beruang Madu, Harimau Sumatera, Biawak, Buaya Air Tawar dan primata Siamang. Namun penetapan Taman Nasional Zamrud ini, kata Herry tentu tidak otomatis menghilangkan Karhutla.

Bahkan tahun ini karhutla terjadi lagi di Sumatera dan Provinsi Riau seperti di Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Pelelawan. Lebih dari 70 titik panas terdeteksi di Sumatra pada Juli ini. Walaupun jumlahnya menurun, kebakaran yang disengaja ini belum tuntas hilang.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan Juli merupakan puncak kemarau basah. Pengaruh La Nina membuat kemarau tahun ini lebih basah dari pada tahun lalu. (Net/CT)

BACA JUGA:   Polres Majalengka Amankan Ribuan Botol Miras

Komentar

News Feed