oleh

Siapa Sangka, Indonesia Punya Ekowisata Berkelas Dunia

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Dilintasi garis khatulistiwa membuat Indonesia menjadinegara yang dianugerahi hutan hujan tropis yang subur. Flora dan faunanya beragam. Itu sebabnya Indonesia kerap menjadi sentra biodiversitas dunia.

Buktinya bisa dilihat dari banyaknya ekowisata yang belakangan mulai ramai dijadikan destinasi liburan favorit. Selain punya panorama yang menawan, keindahan ekowisata ini bahkan punya citarasa berkelas dunia, seperti:

Ujung Kulon
Dikenal sebagai Taman Nasional, Ujung Kulon merupakan rumah asli dari badak Jawa yang masih tersisa. Selain bisa melihat langsung beragam satwa langka di habitatnya, di Ujung Kulon wisatawan juga akan dimanjakan dengan keindahan pulau-pulau kecil di sekelilingnya. Sebut saja Pulau Panaitan, Peucang, dan Handeleum, yang belakangan jadi latar berfoto di jagad Instagram.

Kakaban
Bicara tentang Kalimantan Timur, ekowisata yang belakangan namanya sedang naik daun adalah Kepulauan Derawan. Ekowisata yang paling menarik perhatian di lokasi tersebut adalah Danau Kakaban. Kelebihan dari danau ini adalah airnya merupakan campuran dari air tawar dan laut. Tak heran bila akhirnya, beragam satwa lautan, seperti ubur-ubur dan ikan laut kerap ditemukan di dalam danau ini.

Togean
Berpindah ke timur sedikit, tepatnya di Sulawesi Tengah, terdapat Kepulauan Togean. Taman Nasional yang berlokasi di Teluk Tomini ini punya terumbu karang yang beragam dan hewan-hewan laut yang langka serta dilindungi. Karena keindahan bawah lautnya inilah, Togean mulai dijadikan prioritas destinasi diving dunia.

Cartensz Pyramids
Puncak dari pegunung Jayawijaya biasa dikenal sebagai Carstensz Pyramids. Hal yang menarik, di tempat ini dulu pernah ada resor ski satu-satunya yang berada di wilayah tropis. Tentu hal ini cukup mengundang perhatian, terutama lewat media sosial. Dari sana, wisatawan pun mulai berdatangan untuk melihat eloknya salju abadi Puncak Jaya.

BACA JUGA:   Pemkab Kuningan Dukung Program Nusantara Sehat

Pulau Weh
Posisinya yang berada di Laut Andaman, membuat mudah disinggahi para wisatawan sejak zaman saudagar. Pulau Weh juga menjadi suaka alam bawah laut yang menyimpan terumbu karang dan beragam biota laut yang menakjubkan. Tak heran bila akhirnya para penyelam selalu berbondong-bondong untuk melihat langsung keindahan pulau di ujung barat Indonesia ini. (Net/CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed