oleh

Pemkab Majalengka Guyur Rp200 Juta Perdesa untuk Program Padat Karya

Citrust.id – Untuk menumbuhkan taraf ekonomi pedesaan saat pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Majalengka mengulirkan program padat karya bagi 15 desa.

Bupati Majalengka, Karna Sobahi, mengatakan, program padat karya dimaksudkan untuk membangkitkan ekonomi masyarakat pedesaan di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak pada kondisi ekonomi masyarakat.

“Program padat karya yang bersumber dari APBD bertujuan membuka lowongan kerja dan menumbuhkembangkan gotong royong dan kekompakan masyarakat desa,” ujar Karna, Selasa (20/10).

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan KUKM Kabupaten Majalengka, Sadeli, menjelaskan, tahun ini, sebanyak 15 desa memperoleh bantuan pembangunan jalan sepanjang 1 km. Anggarannya sebesar Rp200 juta perdesa.

Pagu anggaran tersebut untuk pembelian bahan, pembentukan badan jalan, dan upah selama 12 hari kerja. Sebanyak 65 pekerja diberi upah masing-masing sebesar Rp75 ribu perhari.

“Jalan desa yang dibangun harus memiliki efek dampak menunjang perekonomian masyarakat. Misal, pembangunan jalan menuju sawah atau kebun, jalan penghubung antarblok atau jalan lainnya yang benar-benar bisa memiliki manfaat besar untuk mengungkit ekonomi masyarakat,” jelas Sadeli. (Abduh)

BACA JUGA:   Puluhan Hotel dan Restoran Dapat Dana Hibah Pemulihan Sektor Pariwisata

Komentar

News Feed