oleh

Pekan Ini, Planet Mars Bisa Dilihat Paling Dekat

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Berdasarkan keterangan NASA, Mars dengan Bumi akan berada dalam posisi terdekat dalam satu dasawarsa terakhir bulan ini, yang dapat dinikmati para pengamat langit dari senja hingga fajar mulai pekan ini.

Planet merah itu telah terlihat muncul di langit malam, tampak sebagai sebuah cahaya cerah, kuning-keapian dan seperti bintang karena posisi Bumi dan Mars yang hampir sejajar.

Mars pernah lebih dekat dengan bumi sebelumnya yaitu pada Agustus 2003, saat jarak antara Bumi dengan Mars hanya sejauh 56 juta kiometer, dan membentuk lintasan melengkung karena orbit kedua planet ketika mengelilingi matahari.

Posisi kedua planet yang sejajar ini terjadi dalam sekitar setiap 26 bulan sekali. Pada Kamis, Biro Aeronautika dan Luar Angkasa Nasional Amerika Serikat atau NASA, mengeluarkan sebuah foto Mars yang diambil menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble saat planet itu mendekati bumi pada pekan lalu.

Gambar mendetail itu menunjukkan kawah-kawah dan awan di atas Mars. Pada 30 Mei, Mars dan Bumi akan berada dalam posisi terdekat dalam satu dasawarsa terakhir, NASA mengatakan. Mars akan berada sekitar 75,3 juta kilometer dari Bumi.

Jarak antara Bumi dengan Mars mencapai sekitar 250 juta kilometer tergantung kedudukan kedua planet itu saat keduanya mengitari matahari. Jika langitnya cerah, Mars akan dapat dilihat oleh masyarakat pada malam hari dengan mata telanjang, tanpa bantuan teleskop maupun binokular. (Net/CT)

BACA JUGA:   Umat Islam Harus Berjuang Wujudkan Sunah Nabi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed