oleh

Paramedis Puskesmas Gunungsari Kota Cirebon Terpapar Covid-19

Citrust.id – Kasus positif Covid-19 di Kota Cirebon kembali bertambah. Kali ini, 4 staf dan pegawai di Puskesmas Gunungsari Kota Cirebon terkonfirmasi positif, setelah dilakukan uji swab terhadap 99 orang yang ada di Puskesmas Gunungsari.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, dr H Edy Sugiarto MKes mengakui, ada 4 staf dan pegawai yang terpapar Covid-19 di Puskesmas Gunungsari. Keempatnya warga Kabupaten Cirebon, sedangkan satu dari empat orang tersebut tinggal di rumah dinas di Gunungsari,” ujar Edy, Kamis (16/7) sore.

Edy juga menjelaskan, satu dari empat yang positif merupakan paramedis dan membuka layanan kesehatan di Kabupaten Cirebon. Paramedis tersebut memiliki pasien cukup banyak, sehingga bisa berpeluang terjadi transmisi lokal.

“Termasuk ada juga paramedis lain yang positif Covid-19 saat swab di Diklat KB. Paramedis tersebut membuka layanan kesehatan juga di Kabupaten Cirebon. Di Kota Cirebon tidak yang membuka layanan, karena yang membuka layanan hanya dokter,” ujarnya.

Dengan kondisi demikian, Edi mengimbau kepada seluruh petugas medis atau yang bekerja di Puskesmas untuk menggunakan APD terlengkap. “Intinya, di era new danger saat ini, waspadalah dan patuhi protokol kesehatan,” imbaunya.

Dalam memberikan keterangan, Edy juga menginformasikan, bahwa saat ini Kota Cirebon sudah melakukan rapid tes kepada 6606 orang dan 70 orang dinyatakan reaktif.

“Untuk uji swab, sampai hari ini sudah  menguji 1685 orang. Positif 31 orang dan 14 orang sembuh. Sedangkan yang masih dalam perawatan sebanyak 15 orang dan meninggal 2 orang,” ungkapnya.

Sementara itu, jumlah ODP sebanyak 354 orang sudah selesai pemantauan. Hal serupa juga pada jumlah PDP sebanyak 12 orang, selesai pengawasan 10 orang dan meninggal 2 orang. (Aming)

BACA JUGA:   Istri dan Orang Tua Nakes di Majalengka Positif Covid-19

Komentar

News Feed