oleh

Para Penemu Asal Indonesia yang Diakui Dunia

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Penemu-penemu besar tidak selalu besala dari luar negeri. Indonesia pun memiliki orang-orang cerdas yang menemukan sesuatu yang kemudian dapat bermanfaat bagi banyak orang. Orang-orang ini mungkin saja tidak dikenal atau diketahui. Tetapi penemuannya masih diakui sampai hari ini. Berikut nama-nama penemu asal Indoesia dengan hasil temuannya.

  1. Tjokorda Raka Sukawati. Ia adalah penemu sorobahu atau sistem pembuatan penyangga jalan layang secara sejajar dengan jalan yang akan dibuat, dan dapat diputar dengan mudah bila akan digunakan. Sistem ini menghemat tempat, sehingga tidak memacetkan lalu lintas di bawahnya.
  2. Prof. Ir. R.M. Sedyatmo. Lulusan ITB angkatan 1934 ini berhasil menemukan pondasi cakar ayam pada tahun 1962
    Sistem pondasi ini memungkinkan pembangunan di atas lahan yang labil, seperti landasan pacu pelabuhan udara Soekarno Hatta, Jakarta, dan banyak bangunan lain di seluruh dunia.
  3. Mukibat. Mukibat adalah petani sederhana dari Kediri ini pada tahun 1950 menemukan sistem penanaman singkong yang revolusioner. Beliau menempelkan batang ketela pohon karet yang daunnya rimbun di atas ketela pohon biasa (grafting). Setelah di tanam hasilnya sangat luar biasa. Dengan sistem pemanenan berulang, sebuah ketela pohon dapat memproduksi hingga 5 kali lipat dari yang biasanya. Untuk menghormati sistem tempel pada ketela pohon saat ini secara internasional dinamai sistem Mukibat.
  4. BJ Habibie. Habibie juga salah satu penemu besar dari indonesia, dia adalah penemu Teori, Faktor dan Metode Habibie (Teknologi Pesawat Terbang).
  5. Prof. Poorwo Soedarmo. Anda pasti hafal dengan slogan Empat Sehat Lima Sempurna, istilah yang sangat mudah diingat dan tidak dapat dipungkiri berhasil dalam menyehatkan masyarakat Indonesia. Slogan atau lebih tepatnya konsep ini dicetuskan oleh seorang tokoh gizi Indonesia kelahiran Malang pada tahun 1904 bernama Soedarmo. (Net/CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed