oleh

Miris! Korban Rumah Ambruk Terpaksa Tinggal di Kandang Kambing

Cirebontrust.com – Nasib malang menimpa keluarga, Umayati (55) warga Desa Japurabakti, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. Betapa tidak, dia bersama keluarganya kini harus rela tinggal di sebuah kandang kambing yang dijadikan tempat tinggal.
a-kandangkambing1
Hal itu terpaksa dilakukan, menyusul rumah yang ditempati puluhan tahun bersama anak dan cucunya tersebut, ambruk di bagian dapur, karena diterjang angin kencang pada, Sabtu (17/12) lalu, sekitar pukul 19.00 WIB.

Kini, wanita berstatus janda itu bersama anak, menantu dan cucunya, mereka menjalankan aktivitasnya di bekas kandang kambing. Kandang kambing yang terbuat dari bambu di samping rumahnya, disulap menjadi tempat tidur di bagian atas dan ruang tamu di bagian bawah.

Entah sampai kapan, rumah yang ambruk tersebut dapat diperbaiki. Pasalnya, keterbatasan ekonomi menyebabkan dirinya tak mampu memperbaiki rumah yang kini ditinggali bersama anak, menantu dan cucunya tersebut.

Dirinya berharap adanya bantuan dari pihak terkait dan donatur, untuk memperbaiki rumah yang nyaris ambruk seluruhnya. ‎Agar keluarganya bisa menempati tempat tinggal yang layak seperti dulu lagi.

“Saya sangat terpukul, berat rasamya. Boro-boro untuk memperbaiki rumah, buat makan saja sulit. Saya sangat mengharapkan bantuan dari berbagai pihak untuk dapat memperbaiki rumah yang rusak ini,” harapnya Senin (26/12).

‎Sementara, Camat Astanajapura, Iman Santoso mengaku, pihaknya serta Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, sudah melakukan kunjungan ke kediaman korban. Iman bersama Dinsos akan berusaha agar korban secepatnya mendapatkan bantuan.

“Saya sudah koordinasikan soal itu. Sekarang sedang kami upayakan untuk mendapatkan program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) tahun 2017 mendatang, karena untuk tahun 2016 sudah tidak ada. Makanya bisa diusahakan untuk tahun 2017 nanti,” tandasnya. (Riky Sonia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed