oleh

Menakar Peluang Kota Cirebon di Porda 2022 Jabar

Citrust.id – Untuk pertama kalinya, penyelenggaraan Pekan Olahraga Daerah (Porda) akan berlangsung di sembilan daerah di Jawa Barat. Di Porda 2022 Jabar, tiga daerah penyelenggara utama adalah Kabupaten Subang, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis

Sedangkan enam daerah penyangga penyelenggara, yakni Kota Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Karawang, dan Kota Banjar.

Ketua KONI Kota Cirebon, Hj. Wati Musilawati, SH, melalui Wakil Ketua II, Eka Madya, mengatakan, pada Porda 2022, selain sebagai peserta atau kontingen, Kota Cirebon juga didapuk sebagai tuan rumah.

Kota Cirebon diberi kepercayaan menjadi tuan rumah enam cabang olahraga (cabor). Keenam cabor tersebut adalah panahan, bisbol, sofbol, tarung drajat, tenis lapang, dan bulu tangkis. Venue enam cabor itu berada di kompleks olahraga Bima.

“Terkait persiapan Kota Cirebon sebagai tuan rumah Porda 2022, kami juga telah berkoordinasi Dispora dan KONI Jawa Barat,” ujar Eka, Kamis (4/11).

Porda 2022 Jabar akan mempertandingkan 76 cabor. Terdiri dari 57 induk cabor dan 19 subcabor dengan 943 nomor pertandingan. Dikatakan Eka, cabor bela diri, seperti taekwondo, gulat, pencak silat, karate, dan muay thai, diprediksi mendulang medali untuk Kota Cirebon.

“Cabor bela diri diproyeksikan dapat medali pada Porda 2022. Bahkan, pada PON XX Papua lalu, atlet gulat Kota Cirebon menyumbang medali emas, perak, dan perunggu untuk Jabar. Meski demikian, cabor lain pun tidak menutup kemungkinan bisa meraih medali,” jelas Eka.

Eka menambahkan, target Kota Cirebon pada Porda 2022 adalah mempertahankan capaian prestasi porda sebelumnya. Pada Porda 2018 di Bogor, Kota Cirebon masuk jajaran 10 besar.

“Menentukan target perlu perhitungan yang matang. Apalagi sekarang masa pandemi Covid-19. Hampir tidak ada event olahraga. Jika ada event, kekuatan atlet atau cabor bisa dipetakan, yang dapat merujuk kepada target yang akan dicapai,” tandasnya. (Haris)

Komentar

News Feed