oleh

Mari Kita Rekreasi di Desa Sungai Nyalo, Painan, Sumatera Barat

Citrust.id – Bagi para wisatawan lokal yang sering mendatangi tempat-tempat untuk bisa melihat panorama indah, jangan tinggalkan Desa Sungai Nyalo, Painan, yang menyimpan berbagai keindahan alami.

Desa Sungai Nyalo dikenal Sebagai salah satu desa dengan perkembangan tercepat. Desa ini bisa kita temukan di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.
Kamu bisa menikmati keindahan wisata pantainya seperti pantai Carocak yang masih alami dan asri. Selain itu ada bukit Mandeh yang menawarkan pemandangan batu-batu berbentuk pulau.

Kata “Tarusan” secara harfiah berarti terusan dikarenakan wilayah Tarusan ini tereletak pada jalur tembus dari Painan menuju kota Padang di utara. Sebagian besar nenek moyang Tarusan berasal dari nagari Guguk (sekarang Luhak Kubuang Tigo Baleh), dan sebagian kecil merupakan ekspansi dari nenek moyang orang Bayang terutama di sekitar Api-api.

Sejarah terbentuknya Nagari Koto XI Tarusan lebih dulu dibandingkan dengan terbentuknya Nagari Bayang Nan VII dan Nagari Padang VIII Suku termasuk Bungus dan Teluk Kabung bahkan sebagian penduduk kota Padang sekarang merupakan penyebaran dari keturunan orang Tarusan. Dahulu di Koto XI Tarusan terdapat sebuah kerajaan tua bernama Kerajaan Sungai Nyalo yang semula berpusat di Nagari Taratak Sungai Lundang, yang masih merupakan kerabat dari Kerajaan Pagaruyung dan Kerajaan Sungai Pagu. Kemudian pusat kerajaan berpindah ke Tarusan sekarang, arah ke muara sungai Batang Barus atau dikenal juga Batang Tarusan.

Penamaan Koto XI Tarusan memang awalnya terdapat sebelas koto di kerajaan ini yang juga berasal dari sepuluh bandar atau Bandar Sepulu yang awal. Namun kemudian nama Bandar Sepuluh digunakan untuk menyebut wilayah antara Painan dan Indrapura di kemudian hari, yang merupakan wilayah perluasan dari Kerajaan Sungai Pagu. Di sepanjang kecamatan ini masih banyak ditemui rumah rumah tradisional berarsitektur Kajang Padati seperti yang ditemui di perkampungan di kota Padang

Keunggulan Nagari Sungai Nyalo IV Koto Mudiek adalah budaya gotong royong yang begitu kental di kalangan masyarakat. Pembangunan dilakukan secara bergotong royong. Hal itu menjadi salah satu poin yang mengantarkan nagari yang baru berusia enam tahun itu, terpilih sebagai nagari berprestasi tingkat provinsi.

Selain pemberdayaan masyarakat yang bagus, keunggulan Nagari Sungai Nyalo Kecamatan Koto XI Tarusan karena masuk kategori desa wisata dengan perkembangan tercepat yang ditetapkan oleh Kementerian Desa. Nagari Sungai Nyalo itu, berada di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan. (diambil dari bebagai seumber) /sw

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed