oleh

Dari Tugas Sekolah Jadi Bisnis yang Menguntungkan

Citrust.id – Melejitnya belanja online e-commerce di berbagai platform marketplace menjadikan siapapun, termasuk pelajar, semakin melek dan dapat melakukanĀ  berjualan online. Kemudahan berjualan online menjadi pengalaman tersendiri sekaligus menambah uang saku pribadi maupun perekonomian keluarga.

Hal itu dibuktikan oleh dua mahasiswa yang merintis usaha bersama sejak duduk di bangku kelas 3 SMA. Rafiif Muhammad Athhar dan Muhammad Fawwaz Narendra menjalankan bisnis fashion sejak lebih dari setahun, tepatnya Februari 2018. Selain hobi yang sama di bidang olahraga, Athhar dan Fawwaz juga memiliki passion berbisnis yang kuat sehingga cukup jeli dalam membidik pasar.

Mereka menjual baju dan celana olahraga berbahan kaos untuk anak muda dengan desain menarik yang mereka buat sendiri. Ide bisnisnya berawal dari salah satu tugas sekolahbpada semester dua, yaitu membuat proyek dengan brand sendiri.

“Teman-teman lain memproduksiĀ  proyek brand makanan/kuliner. Jadi kami memproduksi fashion atau pakaian. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak order melalui marketplace. Kami pun mendapatkan keuntungan finansial cukup lumayan dari modal awal. Kami sepakat memutuskan untuk tetap melanjutkan dan menikmati proses bisnis ini sampai sekarang,” ujar Fawwaz.

Sebelum pandemi Covid-19 merebak, mereka sudah menargetkan kalangan anak muda dan anak sekolah untuk dijadikan pangsa pasar. Mereka memperkenalkan produk dengan cara membuka booth di acara-acara pentas seni (pensi) sekolah yang ada di Jakarta.

“Toko offline kami ya seperti itu. Membuka booth dadakan di berbagai acara pensi sekolah karena cukup efektif sebagai ajang promosi,” ujar Athhar.

Mereka berdua tidak ambil pusing untuk mengirimkan seluruh pesanan. Agar dapat sampai tepat waktu dan aman ke konsumen, mereka memilih jasa pengiriman JNE.

“Kehadiran JNE yang ada di manapun dan mudah dijangkau, secara tidak langsung meringankan kami dalam pengiriman barang untuk konsumen. Mereka tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan barang berkualitas. Tarifnya juga terjangkau,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Di Hadapan Majelis Hakim, Rakim Akui Bukan Orang Tua IE

Dua siswa desainer itu mulai bergabung menjadi member JNE Loyalty Card (JLC) pada Maret 2018. Keuntungan menjadi member JLC adalah mendapatkan poin setiap pengirimannya. Poin tersebut dapat ditukar dengan hadiah dari JNE,” ujar Fawwaz. (Haris)

Komentar

News Feed