oleh

Malam Kemerdekaan, Warga Samadikun Ulas Sejarah Kapten Samadikun

CIREBON (CT) – Gegap gempita perayaan dalam memperingati HUT RI 71, sebagian warga cara merayakan hari bersejarah itu banya yang berbeda beda, seperti yang dilakukan oleh warga Samadikun. Warga di sana membuat refleksi berupa diskusi guna mencari tahu sejarah pejuang yang bernama, Kapten Samadikun.

Hal tersebut diutarakan oleh Anggota DPRD Kota Cirebon, Jafarudin yang merupakan salah satu warga di Samadikun. Dirinya sengaja membuat acara tersebut, agar masyarakat di Samadikun sendiri mengetahui asal-usul pendahulunya.

“Kita kan tentu bertanya-tanya siapa Kapten Samadikun itu, hingga namanya dibuat jalan di wilayah ini. Dari acara ini kita mengetahui bahwa ternyata beliau adalah pejuang kemerdekaan yang dimakamkan di Makam Pahlawan Kesenden,” terangnya.

Ditambahkannya, karena tugasnya juga di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, ke depan dirinya akan menginventarisir sejarah-sejarah yang masih dianggap berserakan. Sebagaimana harusnya sejarah itu jelas, lanjut Jafar bahwa selama ini masyarakat lupa dan bahkan dibuat lupa atas sejarah pahlawannya.

Hal senada disampaikan, Lutfiyah Handayani sebagai salah satu narasumber dalam acara tersebut yang menjelaskan bahwa selama ini generasi penerus bak anak ayam yang ditinggal oleh induknya.

“Kewajiban mengetahui sejarah ialah tugas kita bersama,” terangnya. (Roy)

BACA JUGA:   Hengkang dari PDIP, Nasdem Berlabuh ke PPP

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed