oleh

Lelah Sepanjang Waktu, Bisa Jadi Gejala Apnea Tidur

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Merasa sudah cukup istirahat tetapi tetap lelah sepanjang waktu? Barangkali Anda mengidap apnea tidur obstruktif (OSA). Apnea tidur adalah kondisi serius di mana otot-otot dan jaringan lunak di tenggorokan menjadi relaks saat tidur. Hal tersebut menyebabkan penyumbatan pernapasan selama 10 detik hingga dua menit sepanjang malam.

Menurut NHS Choices, kekurangan oksigen pada otak bisa berdampak buruk. Data dari Sleep Apnoea Trust Association (SATA) mengungkap, kondisi itu memengaruhi satu dari 25 pria paruh baya dan satu dari 50 wanita paruh baya di Inggris.

Sejumlah gejala apnea tidur antara lain mendengkur keras, napas berbunyi, terengah-engah, berkeringat, hingga sering buang air kecil pada malam hari. Pengidapnya juga tidak merasa segar, tetap mengantuk, sakit kepala, dan lekas marah saat terbangun.

Untuk mengatasinya, Anda disarankan menjaga berat badan ideal, mengurangi rokok dan alkohol, dan menghindari obat tidur. Anda juga dapat mencoba tidur menyamping atau mencoba perangkat khusus Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) berupa masker pengatur tekanan udara. (Net/CT)

BACA JUGA:   Trotoar Diperlebar, Jalan Siliwangi Bakal Makin Sempit

Komentar

News Feed