oleh

Langgar Aturan, Bangunan di Atas Drainase Harus Dibongkar

Citrust.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cirebon akan melakukan normalisasi atau perbaikan drainase di sejumlah titik di Kota Cirebon. Pekerjaan dilakukan dalam dua minggu ke depan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Cirebon, Syaroni, ATD, MT, melalui Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan sekaligus Plh. Kabid Bina Marga, Eko Budiyanto, SE, MM, menuturkan, ada enam titik drainase tepi jalan yang akan dinormalisasi dan diperbaiki.

“Drainase tersebut ada di Jalan Pamitran, Sasana Budaya, Sutomo, Ampera, Garuda, dan Jalan Pancuran. Keenam drainase tersebut cukup krusial untuk diperbaiki dan dinormalisasi,” ujarnya, Selasa (26/10).

Eko menjelaskan, drainase-drainase tersebut sudah dipenuhi sedimentasi dan sampah. Selain itu, sejumlah bangunan milik warga juga berdiri di atas drainase tersebut. Ia meminta warga segera segera membongkar bangunan di atas drainase.

“Selain menyulitkan proses normalisasi, bangunan yang berdiri di atas drainase juga secara aturan tidak boleh. Oleh karena itu, kami minta warga segera membongkar bangunan yang berdiri di atas drainase,” ucapnya.

Eko menambahkan, DPUTR Kota Cirebon juga rutin membersihan saluran sekaligus memasang tutup manhole atau manhole cover. Pekerjaan yang telah dilaksanakan antara lain di Jalan Tentara Pelajar, Parujakan, Satria, dan Jalan Siliwangi.

Dikatakan Eko, DPUTR Kota Cirebon melakukan inovasi dengan membuat tutup manhole atau manhole cover yang terbuat dari komposit.

Tutup manhole komposit terbuat dari campuran fiber, sehingga lebih kuat dan tak bisa didaur ulang. Manhole cover yang terbuat dari besi kerap hilang, diambil orang yang tidak bertanggung jawab untuk dijual.

“Semua tutup manhole yang ada di Kota Cirebon akan terbuat dari bahan komposit. Selain aman, juga lebih rapih dan indah dipandang,” tandas Eko. (Haris)

Komentar

News Feed