oleh

Lahan TNGC Seluas 15 Hektare yang Terbakar Berhasil Dipadamkan

Citrust.id – Lahan seluas 15 hektare yang terbakar di hutan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) wilayah Payung Hutan Kebon Raja dan Hutan Leuweng Gede berhasil dipadamkan personel TNI-Polri, Satgas Karhutal, dan warga.

Kapolres Majalengka AKBP Mariyono melalui Kapolsek Rajagaluh AKP Jaja Gardaja, mengatakan, kebakaran mulai terjadi pada Senin (21/10), sekitar pukul 12.00 WIB.

“Tadi malam api sudah dapat dipadamkan anggota kami bersama Satgas Karhutla, dan warga setempat. Saat ini, api sudah berkurang. Tinggal baranya saja,” jelasnya, Selasa (22/10).

Merela sempat kesulitan memadamkan api. Area yang terbakar merupakan lahan gambut, cuaca sangat terik dan panas, area kebakaran sangat luas ditambah tebalnya asap di lokasi kebakaran. Memerlukan waktu yang cukup lama untuk memadamkan,” katamya.

Belum diketahui penyebab kebakaran lahan kosong tersebut. Pihak kepolisian akan menyelidiki, termasuk meminta keterangan pemilik lahan.

AKP Jaja Gardaja mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Terlebih lagi saat ini musim kemarau.

“Kami meminta masyarakat jangan membakar lahan. Kalau api sudah membesar akan sulit dikendalikan,” imbaunya. (Abduh)

BACA JUGA:   Pemuda Masjid Banjaran Hilir Kembangkan Bank Sampah

Komentar

News Feed