oleh

Kunci Bersama Berkomitmen Majukan Daerah Perbatasan

Citrust.id – Delapan tahun berjalan, Kunci Bersama tetap memiliki komitmen untuk memajukan daerah perbatasan yang berada di Kabupaten Kuningan, Kabupaten/Kota Cirebon, Brebes, Banjar, Ciamis, Cilacap, Majalengka dan Pangandaran.

Ketua Sekretariat Kerjasama Kunci Bersama, Aang Hamid Suganda, menyampaikan apresiasi kepada kabupaten/kota yang selama ini tetap berkomitmen memajukan daerah perbatasan menjadi kegiatan prioritas.

Sebagai upaya membantu fasilitasi dan sinergisitas terhdap pemerintah daerah perbatasan, Sekretariat Kerja sama Kunci Bersama melaksanakan beberapa kegiatan yang telah diprogramkan.

Kegiatan itu antara lain penyusunan master plan pembangunan sewilayah kunci bersama yang pelaksanaannya bekerja sama dengan lembaga Afialiasi peneliti industri Institut Teknologi Bandung (LAPI ITB). Sebagai bahan penyusunan rencana pembangunan Jangka Panjang (RPJPD) maupun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Rencana penyelenggaraan Pekan Olah Raga dan Seni Daerah Perbatasan (Porsenitas) dan pameran produk-produk unggulan daerah. Untuk tahun 2019 pelaksanaannya di Kab. Brebes, sedangkan 2020 di Kab. Pangandaran,” kata Aang.

Aang mengtakan, telah diterbitkan PP Nomor 28 tahun 2018 tentang kerja sama daerah dimana hal ini merupakan peluang untuk meningkatkan kerjasama yang lebih luas lagi diantara daerah-daerah perbatasan.

“Dengan harapan dapat mengurangi kesenjangan antar daerah dalam penyediaan pelayanan publik khususnya yang ada di wilayah terpencil, daerah perbatasan, dan daerah tertinggal,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Kuningan H. Acep Purnama mengatakan, Keberadaan Kunci Bersama yang dibentuk sejak 2011 berkomitmen dan eksis sampai sekarang berperan sebagaimana mestinya.

“Dengan ikut mendorong program pembangunan yang selama ini dilaksanakan di daerah perbatasan baik bidang infrastruktur, sosial budaya maupun ekonomi. Misalnya, di Kecamatan Cibingbin telah dibangun sekolah bagi yang berkebutuhan khusus, siswanya bahkan bukan hanya dari Kuningan melainkan dari Brebes Juga. Begitu juga ada Puskesmas yang berada di Brebes, Banjarharjo. Sementra pasiennya ada yang dari Kuningan, dan banyak lagi program-program yang sudah dilakukan ,” terangnya. (Ipay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed