oleh

Kijang yang Tercebur di Situ Padabeunghar Dilepas ke Alam Bebas

Citrust.id – Seekor kijang betina tercebur di Situ Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan. Kijang tersebut pun berhasil diselamatkan petugas Kebun Raya Kuningan.

Asep Zulkarnaen, mengungkapkan, kijang atau kidang dalam bahasa sunda, itu berusia sekira lima bulan. Binatang dengan nama latin Muntiacus Muntjak tersebut ditemukan petugas tercebur di Situ Padabeunghar, masih area Kebun Raya Kuningan (KRK).

“Kijang ini sempat dikejar anjing. Dikarenakan panik dan kondisi pinggiran situ yang licin, kijang tidak bisa mengendalikan arah larinya. Akhirnya tercebur ke perairan,” terang Asep, Jumat (2/7) sore.

Dikatakan Asep, Situ Padabeunghar baru direhab beberapa hari lalu. Pinggirannya licin karena menggunakan geomembran. Selain itu, belum ada pagar penghalang di sekelilingnya.

“Kijang ini langsung dilepasliarkan ke alam bebas disaksikan babinkamtibmas dan sejumlah petugas KRK,” kata Asep.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan, Wawan Setiawan, mengatakan, penemuan kijang di wilayah KRK menunjukkan, kawasan itu masih memiliki ekosistem yang baik. Di antaranya masih cukup tersedianya pakan satwa tersebut.

“Namun dikhawatirkan, satwa yang nyasar atau terdesak di wilayah KRK ini terdesak predator, seperti macan atau binatang buas lainnya di Kawasan BTNGC,” ucapnya.

Ia menambahkan, pelepasliaran kijang oleh petugas KRK adalah sebagai upaya pelestarian dan keseimbangan ekosistem di wilayah itu. Dirinya sudah melihat video penyelamatan kijang tersebut. Setelah diamankan langsung dilepasliarkan ke alam bebas.

“Saya berharap, KRK bisa menjadi koleksi berbagai tanaman dan plasma nutfah, yang bisa memberikan manfaat bagi habitat atau sumber pakan fauna bagi ekosistem tersebut,” tandasnya. (Andin)

Komentar

News Feed