oleh

Keren, e-Warong Mapan Bersama Terbaik di Jabar

Citrust.id – Warung elektronik gotong royong (e-Warong) ‘Mapan Bersama’ Kota Cirebon medapatkan penghargaan e-Warong predikat terbaik tingkat Jawa Barat. Penghargaan tersebut diberikan oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat pada acara Peningkatan Pelayanan Penanganan Fakir Miskin, Kamis pekan lalu di Bandung.

Kompetisi diikuti e-Warong se-Jabar, melalui berbagai penilaian, e-Warong Mapan Bersama Kota Cirebon dapat mengungguli e-Warong Kabupaten Bandung, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Ciamis yang sempat masuk penjaringan.

E-Warong Mapan Bersama adalah program inisiasi Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia yang dijalankan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlinduangan Anak (DSP3A) Kota Cirebon. Sejak Januari 2018, Kota Cirebon memiliki 8 e-Warong.

Kepala Bidang Sosial DSP3A Kota Cirebon, Aria Dipahandi SH MKn mengaku, capaian e-Warong Mapan Bersama yang berada di Kelurahan Harjamukti RW 05 RT 01 harus menjadi motivasi bagi e-Warong lainnya untuk berprestasi.

Namun, kata Arya, yang lebih penting dari keberadaan e-Warong ini adalah, dapat memberdayakan anggotanya agar meningkatkan taraf ekonomi keluarga dan dapat membangun perekonomian dalam skala terkecil.

Sebagaimana diketahui, ibu-ibu yang menjadi anggota e-Warong setiap kali menjaga mendapat upah Rp 20.000-Rp50.000 dalam sepekan.

“Jadi, di tengah kesibukan mengurus rumah tangga, ibu-ibu dapat membantu suami dalam mencari nafkah,” ujar Arya.

Hal serupa disampaikan Pendamping e-Warong Mapan Bersama, Ratna Ningsih Hidajat, prestasi e-Warong yang didapat bukan tanpa usaha keras. Lantaran, meski menghasilkan keuntungan, anggota e-Warong tersebut seringkali belum memiliki tanggungjawab bersama dalam menjaga e-Warong.

“Tugas pendamping memfasilitasi bagaimana rintangan di setiap anggota dipecahkan bersama dan potensi digali optimal. Saling berkerjasama, gotongroyong, dan sharing setiap pertemuan itu penting,” katanya.

Meski belum genap dua tahun berdiri, lanjut Ratna, e-Warong Mapan Bersama sudah memiliki aset yang menopang operasional e-Warong. Diantaranya, timbangan elektronik, inventaris kursi, pendingin air, hingga pendingin es krim. (Aming)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed