oleh

Kendalikan Pemanfaatan Ruang, Dinas PUPR Kab Cirebon Gagas “Simpentaru”

Cirebontrust.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Cirebon terus berupaya agar pemanfaatan ruang bisa terkendali. Sehingga tercipta pola dan struktur ruang yang berkualitas dan sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Salah satu upayanya adalah dengan membangun sistem informasi spasial berbasis web-GIS.

Kepala Seksi Pengendalian Pemanfaatan Ruang Dinas PUPR Kabupaten Cirebon Tadi Aryadi, ST mengatakan bahwa sistem informasi tersebut adalah “Simpentaru” yaitu, Sistem Informasi Manajemen Pengendalian Pemanfaatan Ruang. “Dengan Simpentaru ini diharapkan, publik atau masyarakat yang membutuhkan data terkait Rencana Tata Ruang di Kabupaten Cirebon dapat mengakses ke sistem ini,” kata Tadi, kepada sejumlah wartawan, Senin (12/6).

Dalam perencanaan pembangunan Simpentaru ini, Tadi menyebutkan ada beberapa tahap. Pertama tahap perencanaan dan perancangan. “Kalau berbicara tata ruang itu sangat kompleks. Apalagi terkait dengan peta struktur ruang dan pola ruang yang harus memiliki tingkat presisi yang tinggi. Tapi prinsipnya bahwa kita jalan saja dulu sambil terus melakukan pengembangan. Setelah tahap perencanaan ini, tinggal tahap pelaksanaan dan pengembangan,” tambahnya.

Ketika ditanya tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Cirebon yang masih mengacu pada Perda No 17 Tahun 2011, Tadi menyebutkan bahwa tahun ini RTRW baru akan segera ditetapkan. “Makanya, nanti ketika Simpentaru ini dioperasikan, diharapkan sudah bisa disnkronkan dengan Perda RTRW yang baru,” tandas pria yang dikenal sejawatnya murah senyum dan teliti itu.

Ke depannya Simpentaru ini akan terus dikembangkan agar dapat memenuhi dan memfasilitasi masyarakat terkait kebutuhan data rencana tata Ruang.
“Tujuan kita sederhana sebenarnya. Yaitu, bagaimana pembangunan di Kabupaten Cirebon sesuai dengan tata ruang. Makanya, dengan adanya Simpentaru ini, proses pemanfaatan ruang diharapkan bisa diawasi dan dikendalikan,” tutup Tadi seraya menunjukkan rancangan Simpentaru di laptopnya.

BACA JUGA:   Kisah Wayang Arjuna Sigeger yang Terbuat dari Kulit Manusia

Sementara itu, Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PUPR, Ir. Gatot Rachmanto menanggapi positif rencana tersebut. “Ini merupakan langkah positif dari seksi pengendalian pemanfaatan ruang. Nanti, dengan adanya simpentaru ini, diharapkan pemanfaatan ruang di Kabupaten Cirebon lebih berkualitas,” kata Gatot. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed