oleh

Kenapa Hujan Beraroma Khas? Ini Penjelasannya

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Hujan juga memiliki aroma yang khas. Apalagi ketika baru pertama kali turun setelah musim kemarau panjang, bau air langit yang jatuh ke tanah menimbulkan aroma sedap. Anda pernah merasakannya? Kenapa bisa seperti itu?

Aroma hujan disebabkan oleh uap minyak yang dikeluarkan oleh Bahan kimia, Bakteri, Tanaman, Asam pada Atmosfer. Bakteri yang bisa menimbulkan aroma hujan adalah Actinomycetes. Bentuknya berserabut, hidupnya di tanah yang lembab, dan hangat. Ketika tanah mengering, bakteri ini akan menghasilkan spora, lalu ketika hujan turun, air yang menetes ke atas tanah akan membuat spora terangkat ke udara. Spora inilah yang menimbulkan aroma hujan, Aroma ini akan sangat terasa ketika hujan turun saat kondisi terik.

Aroma yang sama juga yang dihasilkan oleh uap minyak yang dikeluarkan oleh tanaman. Minyak tersebut dari tanaman yang menempel di batu dan tanah, biasanya tanaman lumut. Air hujan bereaksi dengan minyak tersebut sehingga menimbulkan aroma yang dapat terbawa ke udara berupa gas. Aroma ini bisa juga dugunakan untuk pewangi ruangan. Biasanya sudah ada dalam kemasan botol dan kaleng. Tidak semua aroma hujan berbau sedap, tetapi aroma yang disebabkan oleh asam pada atmosfer justru menyebabkan bau tidak sedap. Asam pada atmosfer biasanya disebabkan oleh bahan kimia hasil polusi udara. hal ini sering terjadi ditempat yang tergolong berpolusi tinggi. (Net/CT)

 

BACA JUGA:   HUT ke-80 RS Paru Sidawangi, Tingkatkan Pelayanan Penanganan Tb

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed