oleh

Kaleidoskop BPJS Kesehatan KCU Cirebon Tahun 2016 (2/2)

Cirebontrust.com – Sepanjang tahun 2016, BPJS Kesehatan KCU Cirebon telah melakukan berbagai kegiatan pelaksanaan program maupun layanan. Berikut rangkuman kegiatan atau kaleidoskop BPJS Kesehatan KCU Cirebon Tahun 2016 untuk bagian kedua. Kaleidoskop pertama telah terbit di Cirebontrust.com pada Selasa (20/12).

bpjs-3BPJS Kesehatan KCU Cirebon berperan aktif dalam peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 2016 di Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Kabupaten Cirebon, Minggu (01/05). Acara tersebut juga dihadiri Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra, Wakil Bupati Tasiya Soemadi Algotas, Kadis Disnakertras Kabupaten Cirebon Deny Agustin, Kepala Layanan Operasional BPJS Kesehatan Kabupaten Cirebon, Dewi Fitriani beserta jajaran pimpinan dan pegawai BPJS Kesehatan KCU Cirebon.

Pada kesempatan itu, BPJS Kesehatan KCU Cirebon memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat umum maupun para pekerja. Untuk layanan kesehatan bagi masyarakat umum, BPJS Kesehatan pemeriksaan gula darah, pemeriksaan HIV, dan pemeriksaan mata. Sedangkan untuk para pekerja pemegang kartu JKN-KIS yang sudah didaftarkan perusahaannya, BPJS Kesehatan memberikan layanan kesehatan berupa pemeriksaan pupsmears.bpjs-7

Sebanyak 226 Badan Usaha Peserta JKN-KIS se-wilayah Kabupaten Cirebon mengikuti gathering yang digelar BPJS Kesehatan KCU Cirebon, Selasa (21/06) di Swiss Belhotel, Cirebon. Acara tersebut dihadiri Bupati Cirebon, Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM., M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, H Moh Sofyan SH, MH, Kepala Disnakertrans Kabupaten Cirebon, H Deni Agustine, SE, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama (KCU) Cirebon, Deded Chandra, SE, M.Ak, serta Kepala Layanan Operasional BPJS Kesehatan Kabupaten Cirebon, Dewi Fitriani, S.Farm, Apt.

Dalam sambutannya, Bupati Cirebon, Drs H Sunjaya Purwadisastra, MM., M.Si, menyatakan dukungannya terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan BPJS Kesehatan.

“Program JKN-BPJS Kesehatan sesuai dengan program Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon, dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Cirebon di bidang kesehatan,” ujar Bupati Sunjaya.

BACA JUGA:   Ansor Minta Aparat Tindak Tegas Aksi Terorisme

bpjs-6Pada peringatan HUT BPJS Kesehatan yang ke-48, jajaran pimpinan beserta pegawai BPJS Kesehatan KCU Cirebon mengadakan upacara di halaman kantor setempat, Jumat (15/07). Peringatan HUT BPJS Kesehatan yang ke-48 dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan integritas dan etos kerja professional, dalam menyelenggarakan program JKN-KIS yang berkualitas dan berkesinambungan.

Masih dalam rangkaian kegiatan memperingati HUT BPJS Kesehatan yang ke-48, BPJS Kesehatan KCU Cirebon mengadakan kegiatan kunjungan ke sekolah bertajuk “BPJS Kesehatan Goes to School”, di SMP Negeri 1 Cirebon, Kamis (21/07).

Di hadapan para siswa SMP Negeri 1 Cirebon, Kepala Grup Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, Budi Mohamad Arief yang juga salah satu alumni sekolah tersebut memberikan pemaparan tentang program JKN-KIS dan edukasi pola hidup sehat sejak dini.bpjs-5

“Kegiatan ini diharapkan mampu membentuk serta meningkatkan rasa kepedulian dan gotong royong di kalangan pelajar dalam membantu sesama, terutama dalam hal pelaksanaan program JKN-KIS,” kata Budi.

BPJS Kesehatan KCU Cirebon menggelar sosialisasi terkait JKN KIS bagi aparatur desa di Kabupaten Indramayu pada awal November 2016. Budi Sukwara, SKM, MH yang saat itu menjabat Kepala Unit Pemasaran menjelaskan, aparatur desa secara bertahap akan didaftarkan menjadi peserta JKN BPJS Kesehatan sebagai Peserta Penerima Upah (PPU) segmen Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN).

BPJS Kesehatan KCU Cirebon juga telah mengadakan sosialisasi kepada mahasiswa Kampus 2 RS Ciremai Kota Cirebon pada Kamis (10/11), terkait program pendaftaran JKN BPJS Kesehatan segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) Kolektif. Pembawa materi yakni Staff Unit Pemasaran, Muhammad Hanafi dan Meriam Gita Maulia serta Gazal, Staff Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer.

bpjs-4Sesuai Peraturan Presiden No 28 Tahun 2016 tentang Perubahan Ketiga atas peraturan Presiden No 12 tahun 2013, tentang Jaminan Kesehatan, mahasiswa masuk dalam skema PBPU Kolektif. Iuran JKN bagi mahasiswa yang masuk dalam segmen PBPU Kolektif dikoordinir atau dibayarkan oleh kampus melalui uang SPP. (Haris/ADV)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed