oleh

Kabupaten Cirebon Darurat Sampah, Dinkes Khawatir Masyarakat Terserang Penyakit

CIREBON (CT) – ‎Persoalan sampah di Kabupaten Cirebon memang sangat memprihatinkan. Hingga sekarang belum ada solusi jitu untuk penanggulangan masalah tersebut. Program-program seperti pengadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) masih belum memberikan dampak positif, malah diprotes oleh masyarakat, lantaran sampah yang menumpuk tidak dikelola dengan baik, Rabu (13/07). 

Bahkan di TPA Kecamatan Ciledug, sampah yang menumpuk dibakar. Hal itu menjadi persoalan baru. Asap dari pembakaran tersebut akan berdampak negatif bagi lingkungan sekitar.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan, M Sopyan. Dirinya juga menambahkan, dampak lain yang bisa ditimbulkan dari penumpukan sampah, adalah udara menjadi kotor dan bau sampah yang sangat menyengat akan mengakibatkan gangguan kesehatan.

“Sampah yang menumpuk akan menjadi tempat favorit untuk lalat yang membawa berbagai penyakit, seperti disentri dan diare. Kuncinya adalah sampah harus diangkut dan dibuang, karena dari sisi keindahan juga tidak elok dilihat. Soal tumpukan sampah adalah tanggung jawab OPD terkait, apalagi persoalan sampah yang menumpuk di TPA,” terang pria yang akrab disapa Opang kepada CT. (Riky Sonia)

BACA JUGA:   Kawasan Kanoman dan Bendakerep Bakal Ditata Jadi Kampung Wisata

Komentar

News Feed