oleh

Kabupaten Cirebon Bangun Taman Makam Pahlawan

Cirebontrust.com – Kabupaten Cirebon dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan akan mempunyai Taman Makam Pahlawan (TMP). Saat ini, pembangunan untuk TMP sedang dikerjakan di Desa Gegunung, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Pemerintah Kabupaten Cirebon sendiri menganggarkan total biaya hingga Rp 13 miliar untuk pembangunan TMP tersebut.

Hingga 10 November, Dinas Sosial setidaknya harus menyelesaikan beberapa bangunan dengan suntikan anggaran baru Rp 300 juta. Dinas Sosial pun harus mengumpulkan nama-nama pahlawan, yang merupakan warga Kabupaten Cirebon. Perburuan Dinsos untuk mencari figur pahlawan di antaranya dicari tahu melalui para veteran, serta janda-janda pahlawan.

“Minggu depan memang baru tiga dulu, makam ketiganya tersebar di tempat pemakaman umum, salah satunya di TPU Desa Sindang Jawa. Sisanya kita akan mencari para pahlawan ini secara bertahap. Kita pun harus melakukan pendekatan dulu kepada keluarga untuk memakamkan keluarganya, yang masuk kategori pahlawan tersebut ke TMP di Gegunung ini,” ujar Kepala Dinsos Kabupaten Cirebon, Maryono.

Pemkab sendiri menyediakan lahan seluas 3 hektare untuk menampung 100 makam pahlawan. TMP Gegunung disebut-sebut merupakan TMP yang menyediakan fasilitas cukup lengkap. Sebab, dari Rp 13 miliar ini akan disediakan pula tempat khusus persemayaman jenazah, prasasti, taman yang luas, bahkan perpustakaan.

Salah satu kendala, menurut Maryono, belum tentu semua keluarga pahlawan mau memindahkan jenazah ke TMP ini. (Iskandar)

BACA JUGA:   KPU Majalengka Raih Dua Penghargaan Tingkat Jabar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed