oleh

Jarak Orbit 700 Tahun, Planet Berbatu Baru Berhasil Ditemukan

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Sebuah planet berbatu baru ditemukan mengorbit sejauh 120 kali lebih jauh dari matahari dibanding bumi. Sebuah planet kerdil yang belum dinamai para ilmuwan itu, memiliki lebar hanya seperti setengah wiliayah Britania, dan orbitnya bergerak dua kali lebih jauh dari Pluto.

Planet tersebut seolah menjadi miniatur dunia, yang memiliki suhu ektrim karena mengorbit dengan jarak 700 tahun hanya untuk satu putaran mengelilingi sitem tata surya kita.

Penemuan itu mengenalkan satu planet kerdil menjadi total sebanyak enam planet baru. Penemuan planet baru pertama yang dinamakan RR245 dilihat ilmuwan di Puncak Mauna Kea, Hawaii, sebagai bagian dari Outer Solar System Origins Survey (OSSOS).

Para grup peneliti termasuk para ilmuwan dari Universitas Victoria, Kanada, telah mengobservasi tubuh planet itu selama enam bulan, dan akan mengorbit 700 tahun disekeliling matahari. Jarak planet kerdil itu dari bumi sekitar 435 mil atau 700 kilometer dengan suhu dibawah 200 derajat celcius. (Net/CT)

BACA JUGA:   BKD Deteksi Potensi Siasat Wajib Pajak “Mainkan” Tapping Box

Komentar

News Feed