oleh

Jambore Gudep SMPN 4 Sumberjaya Bentuk Siswa Mandiri dan Berkarakter

Citrust.id – SMP Negeri 4 Sumberjaya menggelar Jambore Gugus Depan (Gudep) Tahun pelajaran 2019/2020 di Bumi pmPerkemahan Curug Leles, Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka.

Kegiatan tersebut dilakukan selama tiga hari, mulai Kamis (26/9) sampai Sabtu (28/9), diikuti 150 peserta yang terbagi 15 regu putra dan putri.

Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Sumberjaya, Asikin Hidayat, menjelaskan, Jambore Gudep bertujuan mendidik siswa untuk belajar mandiri dan membentuk karakter siswa.

“Tujuannya melatih siswa mandiri dan kuat serta mampu bertahan hidup di alam terbuka serta berkarakter,” ujarnya, Jumat (27/9).

Rangkaian kegiatan selama 3 hari di antaranya, lomba memasak, penjelajahan, pentas seni serta api unggun dan juga penyalaan lampu hias.

“Setelah dibuka kemarin, pada hari kedua dilaksanakan penjajahan, tepatnya setelah Sholat Jumat. Menempuh jarak kurang lebih 5 kilo meter menelusuri TNGC seputar bumi perkemahan,” bebernya.

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada para pembina, alumni dan Dewan Penggalang serta orang tua/wali siswa yang telah membantu kelancaran Jambore Gudep.

“Diharapkan melalui Jambore Gudep ini peserta bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga lebih mandiri dan berkarakter,” harapnya.

Asikin menegaskan, pihaknya akan terus melakukan kegiatan-kegiatan yang positif untuk membangun generasi muda, khususnya di lingkungan SMP Negeri 4 Sumberjaya, dengan gerakan pramuka.

“Diharapkan para peserta mendapatkan manfaat serta kesan yang kreatif, agar mereka dapat bersaing dengan pramuka di tingkat berikutnya,” tuturnya. (Abduh)

BACA JUGA:   Kapolres Tekankan Pentingnya Pengelolaan Media Sosial

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed