oleh

Ini Risikonya Jika Terlalu Banyak Duduk

CIREBON (CT) – Faktor utama orang menjadi sering duduk adalah perangkat gawai (gadget). Selebihnya, orang terlalu banyak duduk karena aktivitas yang dilakukan mengharuskan banyak meletakan tubuh dengan bertumpu pada pantat. Menurut the Diabetes Group at the University of Leicester, terkuak fakta bahwa seseorang yang banyak menghabiskan waktunya dengan duduk yang terlalu lama akan memiliki resiko besar terserang penyakit diabetes, jantung, dan memperpendek usia.

Agar tidak terserang ketiga penyakit tersebut, ada baiknya jika melakukan rutin berolahraga pagi selama 30 menit merupakan tips untuk menyehatkan seluruh anggota tubuh dan persendian. Anda dapat memulainya dengan berjalan santai, berlari pelan, bersepeda atau bahkan berenang.

Bagi pekerja kantoran, usahakan untuk memberikan jeda beberapa menit saat beraktivitas selama kurang lebih setengah jam. Dengan melakukan aktivitas jalan di tempat atau berjalan-jalan sebentar keluar ruangan kerja.

Bagi peselancar dunia maya atau yang hobi berinternet, maka berikan istirahat pada organ mata dan berjalanlah keluar ruangan selama beberapa menit setelah duduk selama 30 menit di depan layar komputer atau laptop.

Terlalu lama  menonton televisi akan memaksa seseorang untuk duduk dengan durasi waktu yang lama. Oleh karena itulah, bersegeralah mematikan televisi saat jam tidur malam telah tiba atau batasi untuk menonton acara televisi untuk hidup yang lebih sehat.  (Net/CT)

 

Komentar

News Feed