oleh

Ini Manfaat Daun Asam Jawa

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Tanaman asam jawa memiliki nama ilmiah Tamarindusindica L, merupakan tanaman yang biasa dijumpai di Indonesia. Pada umumnya tanamanĀ  ini digunakan sebagai pembatas jalan raya karena bentuknya yang rindang dan pohonnya kokoh. Asam jawa sudah sejak dulu dikenal sebagai obat herbal penurun kadar kolesterol. Hal ini karena adanya kandungan kimia yang berlimpah di dalam daunnya berupa saponin, tanin, dan flavonoid yang banyak.

Kandungan senyawa aktif flavonoid dan tanin yang ada di daun ini dipercaya dapat meluruhkan lemak dengan cara meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Dengan adanya peningkatan metabolisme tubuh, proses pembakaran lemak semakin maksimal. Maka tidaklah heran kalau air rebusannya kerap digunakan sebagai pelengkap program diet terutama bagi perempuan.

Sebenarnya khasiat daun asam jawa cukup banyak bagi kesehatan, tapi jarang diketahui oleh orang banyak. Selain dapat membakar lemak jahat, ada beberapa penyakit yang dipercaya mampu untuk disembuhkan dengan olahan asam jawa. (Net/CT)

BACA JUGA:   HUT ke-80 RS Paru Sidawangi, Tingkatkan Pelayanan Penanganan Tb

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed