oleh

Imigrasi Cirebon Terbitkan 13.767 Paspor dan Deportasi Lima WNA

Citrust.id – Sepanjang 2021, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon menerbitkan 9.503 paspor umum dan 1.850 paspor untuk calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Imigrasi Cirebon juga menerbitkan 1.411 paspor di Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Indramayu bagi calon TKI.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon, Kartana, memaparkan, pihaknya juga memberikan pelayanan di luar kantor imigrasi. Pelayanan tersebut yakni, Imigrasi Masuk Desa (IMD), Eazy Passport, dan Iron Seni.

Dalam pelayanan IMD, Imigrasi Cirebon menerbitkan 332 paspor, Eazy Passport 668 paspor, dan Imigrasi Cirebon Senja Melayani (Iron Seni) tiga paspor.

“Dengan demikian, Imigrasi Cirebon menerbitkan total 13.767 paspor selama 2021,” ujar Kartana, pada konferensi pers di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon, Jumat (31/12).

Kartana melanjutkan, pada 2021, Imigrasi Cirebon telah melaksanakan penindakan administrasi keimigrasian terhadap delapan Warga Negara Asing (WNA).

Tiga WNA di antaranya telah melewati batas waktu izin tinggal (overstay) kurang dari 60 hari. Mereka diberi sanksi membayar biaya beban. Sedangkan lima WNA harus dideportasi.

“Mereka dideportasi karena sejumlah hal, seperti tidak punya penjamin dan tidak punya biaya hidup di Indonesia. WNA yang dideportasi pada 2021 berasal dari Pakistan, Malaysia, Taiwan, dan Yaman,” jelas Kartana.

Sedangkan jumlah WNA yang berada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon pada 2021 sebanyak 898 orang. Rinciannya, di Kabupaten Cirebon ada 402 orang, Indramayu 118 orang, Kota Cirebon 179 orang, Kuningan 28 orang, dan Majalengka 171 orang.

Kartana menambahkan, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon juga meraih sejumlah penghargaan. Penghargaan itu antara lain dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), yakni sebagai role model dalam mewujudkan pelayanan publik ramah kelompok rentan atau berkebutuhan khusus.

“Kami pun mendapat penghargaan dalam hal pengelolaan keuangan. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon menduduki peringkat kedua terbaik kategori impelementasi kartu kredit pemerintah tahun anggaran 2021 pada wilayah kerja KPPN Cirebon,” pungkas Kartana. (Haris)

Komentar