oleh

Idulfitri Momentum Introspeksi Diri

Citrust.id – Idulfitri merupakan momentum yang teramat baik untuk introspeksi diri. Menguatkan kesadaran, bahwa harta, jabatan, maupun status sosial bukan hal utama di hadapan Allah SWT.

Hal itu dikemukakan Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, dalam sambutan Idulfitri 1443 Hirjriah, Senin (2/5/2022). Azis melaksanakan salat Idulfitri 1443 H bersama ribuan jemaah di Masjid Raya At-Taqwa.

Ia berharap, suka cita Idulfitri memberikan kebahagiaan seraya menguatkan sisi spiritual untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT sekaligus menguatkan kesalehan sosial.

Selain itu, Idulfitri juga merupakan momentum yang teramat baik untuk introspeksi diri. Menguatkan kesadaran, bahwa harta, jabatan, maupun status sosial bukan hal utama di hadapan Allah SWT.

“Kita hanyalah makhluk-Nya yang tidak memiliki daya apapun di hadapan-Nya,” kata Azis.

Azis bersyukur, Ramadan telah menempa umat Islam untuk sabar meniti jalan keimanan dan ketakwaan. Melatih sabar menghadapi kesulitan, sabar dalam menjalankan perintah Allah, dan sabar dalam menjauhi larangan-Nya.

“Hal ini semoga dapat selalu kita terapkan dalam seluruh aktivitas kita, sehingga tidak menjadi manusia yang Hubbud-dunya atau lebih mementingkan dunia daripada kehidupan akhirat,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu pula, Azis berterima kasih dan mengapresiasi semua pihak yang telah terlibat aktif dalam membangun Kota Cirebon.

“Alhamdulillah, berkat kolaborasi dan sinergi seluruh pihak, Kota Cirebon telah meraih berbagai prestasi,” katanya.

Kolaborasi dan sinergi para pihak pula yang turut membawa Kota Cirebon berpacu bangkit setelah pandemi Covid-19 melandai. Kini, perekonomian maupun geliat lainnya di tengah masyarakat berangsur menunjukkan tren yang positif.

“Pandemi Covid-19 memang belum usai. Namun, dengan doa, optimisme, dan sinergi dari seluruh elemen, kita meyakini, ekonomi Kota Cirebon akan bangkit dan kembali normal seperti sedia kala,” tutur Azis. (Haris)

Komentar