oleh

IDI Desak Pemda Kota Cirebon Sediakan APD bagi Tim Medis

Citrust.id – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Cirebon mendesak Pemerintah Kota Daerah Cirebon segera memenuhi kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tim medis.

Ketua IDI Kota Cirebon, dr. Edial Sanif mengatakan, dokter dan tim medis yang menangani Pasien Dalam Penanganan (PDP) maupun positif Covid-19 harus dibekali dengan APD. Mereka merupakan garda terdepan dalam upaya memberantas pandemi Covid-19.

APD digunakan petugas medis untuk melindungi diri dari paparan virus yang ada pada tubuh pasien. Dengan demikian, mereka bisa fokus menangani pasien.

“Jika tidak ada perlindungan akan membayarkan tim medis itu sendiri. Bahkan, sudah ada dokter yang sampai meninggal dunia,” jelasnya, Rabu (25/3).

Untuk itu, Edial meminta Pemerintah Daerah Kota Cirebon agar segera melengkapi kebutuhan APD bagi tim medis. Minimnya APD bisa berakibat fatal bagi para tenaga medis yang melakukan kontak langsung dengan pasien. Mereka berpotensi terpapar Covid-19.

“Selain itu, pemerintah, rumah sakit, dan steakholder juga perlu memperhatikan gizi tim medis yang menangani virus Corona,” ucapnya. (Haris)

BACA JUGA:   Di Tengah Pandemi Covid-19, Serdik Sespimmen Santuni Anak Yatim dan Duafa

Komentar

News Feed