oleh

Hari Lingkungan Hidup, Pelindo Cirebon Tanam 10 Ribu Mangrove

Citrust.id – Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Laut Sedunia, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 2 Cirebon bersama pegiat lingkungan hidup tanam 10 ribu pohon mangrove di Kesunenan Utara, Kota Cirebon, Minggu (12/6/2022).

Penanaman pohon mangrove tersebut bagian dari mewujudkan gerakan penghijauan pesisir untuk peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Laut Sedunia. Tak hanya itu, masyarakat pesisir diajak menerapkan Gerakan Semai Tanam Pelihara (Gerakan Setara).

Penanaman mangrove itu juga untuk mendorong etos kerja dan gotong royong demi kemandirian ekonomi masyarakat. Selain itu, untuk menekan dampak perubahan iklim.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 2 Cirebon, Tengku Mursalin Rahim mengatakan, pihaknya berinisiatif terlibat dalam kegiatan mangrove bersama-sama pegiat lingkungan hidup untuk melestarikan dan menghijaukan pesisir.

Lebih lanjut Tengku menegaskan, Pelindo berkomitmen menanam pohon secara berkelanjutan.

“Ini menjadi kesadaran kita bersama untuk menjaga kelestarian alam. Di samping itu, menjaga dan merestorasi kesehatan lingkungan merupakan tugas dan kewajiban semua pihak, termasuk masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Forum Lingkungan Hidup, Dani Jaelani menuturkan, insiatif PT Pelindo merupakan bukti nyata terhadap kepedulian terhadap masyarakat, sosial, lingkungan untuk melestarikan alam pesisir.

“Ini bukti PT Pelindo II peduli dengan Cirebon. Tidak hanya sosial, PT Pelindo II juga aktif di berbagai kegiatan lingkungan. Ada kepedulian dan respek. Tidak melihat siapa yang menyumbang atau yang berpartisipasi. Ini salah satu kekuatan Kota Cirebon,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Panglima Tinggi Laskar Agung Macan Ali, Prabu Diaz, mengapresiasi semua elemen yang menunjukkan rasa kepedulian terhadap kelestarian alam. Antara lain, penanaman pohon mangrove di pesisir laut Kesunean.

“Kami apresiasi semangat kebersamaan untuk selalu peduli terhadap lingkungan. Mudah-mudahan ini berkelanjutanbagar alam selalu lestari,” tandasnya. (Haris)

Komentar