oleh

Gedung BUMDes Margabakti Secara Simbolis Diresmikan Oleh Kepala DPMD Kuningan

Kuningantrust.com – Pemerintah daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kuningan, terus melakukan upaya pembinaan terhadap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Salah satunya, meresmikan Gedung BUMDes Tangguh Berkarya di Desa Margabakti, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan, Kamis (10/8).

Peresmian itu, sekaligus diserahkan pula bantuan peralatan dan aplikasi untuk unit usaha Gerai BUMDes. Hadir Kepala DPMD Kuningan, Drs Deniawan MSi didampingi Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat (UEM), H Deden Kurniawan SE MSi, Dirut BUMDes Hestya, Kadis Koperasi dan KUKM Ir Bunbun Budhiyasa.

Serta, Kadis DPMPTSP H Lili Suherli MSi, Kabag Ekonomi Uu Kusmana MSi, para kepala desa, pengurus BUMDes dan Asosiasi BUMDes Kuningan, serta para mitra kerja BUMDes seperti Bulog, Hismana Migas, dan BNI.

Kepala DPMD Kuningan, Drs Deniawan MSi didampingi Kabid UEM, H Deden Kurniawan SE MSi mengatakan, BUMDes di wilayah Kuningan telah tumbuh dan berkembang kearah yang tepat.

Namun hal itu belum berakselerasi secara cepat, sesuai dengan salah satu tujuannya yakni mengatasi permasalahan ekonomi mikro dan makro di perdesaan.

“Seperti misalnya penyerapan tenaga kerja sehingga mengurangi trend urbanisasi. Jadi, hadirnya BUMDes ini diharapkan menjadi salah satu solusi untuk mencapai kemandirian ekonomi desa,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, bahwa BUMDes Tangguh Berkarya ini merupakan salah satu pilot project yang menjadi sasaran penguatan kelembagaan DPMD dari 15 BUMDes yang akan dijadikan percontohan di Kuningan.

“Mari kita gelorakan slogan BUMDes yakni Desa Nanjeur Nagara Raharja, salam BUMDes, MerDESA (Merdeka Ekonomi Desa),” kata Deniawan.

Sementara Direktur BUMDes, Hestya menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh pihak terkait khususnya pemerintah daerah melalui DPMD, yang telah meresmikan Gedung BUMDes Tangguh Berkarya.

“Setelah peresmian ini, maka BUMDes Tangguh Berkarya bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat mulai penjualan sembako, gas LPG, payment online, dan layanan perbankan berupa pembukaan rekening, transfer dan penarikan uang,” pungkasnya. (Ipay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed