oleh

Empat Caleg Petahana Dapil SMS Diprediksi Kembali Duduki Parlemen

Citrust.id – Sejumlah Caleg dari dapil Majalengka-Subang-Sumedang (SMS) diprediksi menduduki kursi DPRD Jawa Barat. Selain didominasi wajah baru, ada tiga nama petahana yang terpilih kembali pada pemilu serentak 2019.

Berdasarkan DB1 KPU hasil pengumpulan data citrust.id dari DB1 KPU, caleg Petahana yang terpilih yakni Hj. Ineu Purwadewi Sundari (PDIP/88.318 suara), H. Pepep Saeful Hidayat (PPP/48.326), H. Nasir (PKB/33.138) dan Heri Ukasah (Gerindra/69.308).

Sedangkan wajah baru caleg terpilih DPRD Provinsi Jabar, Abdy Yuhana (PDIP/72.286) Partai Gerindra, Taufik Hidayat (Gerindra/46.527). Kemudian, Reynald Putra Andita (Golkar/55.217), Nina Nurhayati (Nasdem/37.066), H. Ridwan Solihin (PKS/51.459), Raden Tedi (PAN/21.554), dan H. Zulkfly Chaniago (Demokrat/23.858).

Jatah kursi Jabar IX saat ini sebanyak 11 kursi dari jumlah 10 kursi, karena adanya peningkatan jumlah penduduk.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Majalengka Agus Syuhada, pihaknya sudah melaksanakan rapat pleno terbuka tingkat KPU Kabupaten Majalengka.

Menurut dia, dari hasil rekapitulasi suara tingkat kabupaten, PDI Perjuangan tercatat masih berada di puncak perolehan suara. Kondisi tersebut terjadi untuk semua level, dari DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Majalengka.

“Untuk parpol dari mulai DPR RI, DPRD Provinsi, sampai DPRD Kabupaten masih PDIP, Gerindra, dan Golkaruntuk (posisi) tiga besar,” kata Agus seusai rapat pleno.

Dalam hal angka partisipasi pemilih, KPU mengklaim telah melebihi angka yang ditargetkan. Pada Pemilu 2019 ini mencapai angka 81,04 persen, lebih besar dari yang ditargetkan di angka 80,00 persen.

“Angka partisipasi tertinggi di Kecamatan Banjaran di angka 87 persen, terus Kecamatan Cigasong 86,99 persen. Yang terbawah Kecamatan Malausma 68,99 persen,”jelas dia.

Sementara, tokoh agama asal Kecamatan Banjaran, Kyai Hasan, mengatakan, lolosnya caleg petahana yang diprediksi duduk kembali di kursi DPRD Jabar, seperti H. Nasir dari PKB, tidak lepas dari kiprah mereka kepada masyarakat dan turut membangun di daerahnya, khususnya Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:   Disyaratkan Hibah Jerman, Begini Sikap PD Pembangunan soal Lahan TPA

“Rekam jejak caleg petahana sangat menentukan mengapa mereka terpilih kembali. Kalau kinerjanya bagus, masyarakat tidak akan sungkan memilih kembali,” ujarnya. (Abduh)

Komentar

News Feed