oleh

Empal Gentong Hj. Dian Bermula dari Jagal Sapi

CIREBON (CT) – Bagi anda penyuka masakan kuliner berbahan daging sapi, tidak salah jika memilih menu makanan khas Cirebon yang satu ini. Ya, empal gentong dan empal asem namanya, makanan yang satu ini, selain menyajikan berbagai isi daging dan jeroan dari sapi,  juga menawarkan makanan yang aman dan rendah kolesterol.

Empal Gentong, memiliki sejarah cerita sendiri soal keberadaan dan namanya,  awalnya empal gentong dikenal, lantaran bahan dasar dari makanan ini berupa jeroan bagian dalam organ sapi, yang sudah tidak dimanfaatkan lagi.

Seiringnya waktu, warga kemudian memanfaatkan jeroan, bahan dasar yang tidak terpakai, kemudian dimanfaatkan untuk dimasak, yang sekarang dikenal dengan istilah empal gentong. Bagi penikmat kuliner ini, yang takut akan kolesterol tak perlu khawatir karena menu yang ditawarkan makin berfariasi. Mulai dari empal berbahan daging kilil, babad, empal asem, hingga sate.

Berlokasi di jalan Raya Battembat Tengahtani, rumah makan Empal Gentong Hj Dian, selalu ramai dikunjungi penikmat kuliner, tidak heran jika banyaknya pengunjung membuat ruas Jalan Raya Battembat Tengah Tani selalu ramai kendaraan yang terparkir di pinggir jalan.

Bagi anda yang penasaran ingin mencoba kuliner yang satu ini, tidak ada salahnya untuk mencicipi Rumah Makan Empal Gentong Hj. Dian yang berlokasi tepat di Jalan Raya Ir. H Juanda Tengah Tani Nomor 84 Kabupaten Cirebon., ditanggung membuat anda ketangihan.

RM Hj. Dian merupakan rumah makan empal gentong terbesar, terkenal dan ternyaman untuk menikmati kuliner, rumah makan empal yang memiliki konsep berbeda dari rumah makan empal lainnya, yakni mengedepankan kepuasan konsumen dan pelayanan yang maksimal, mulai dari lokasi parkir yang luas. Hingga fasilitas meeting room, serta mushollah dan toilet yang bersih.

RM Empal Gentong,Hj Dian juga merupakan satu satunya rumah makan yang memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia, Adapun menu andalan RM Hj. Dian antara lain, Empal Gentong, Empal Asem, Empal Kikil, sate sapi, sate kambing muda, tahu gejrot, oleh-oleh khas Cirebon dan aneka minuman segar ada aneka jus, es buah juga minuman dingin dan hangat.

Rumah makan empal ini menerima pesanan untuk acara wisata kuliner, ulang tahun, reuni, meeting, gathering, seminar, arisan, hajatan, syukuran, group wisata, wisuda dan lain-lain. RM. Hj. Dian pernah dikunjungi oleh beberapa artis seperti Fitri Karlina, Band Kotak, Pass band, The Titans, Artis lokalnya Diana sastra, dan pejabat Rano Karno, Dedi Mizwar, anggota DPR RI, Walikota Cirebon pak Subardi.

RM Hj Dian dikelola oleh putra daerah H. Bastoni, S.Pt. pria kelahiran Cirebon, 13 juli 1989 merupakan pengusaha muda.  Sosok pengusaha yang ramah ini kerap disapa Bastoni, mahasiswa lulusan UGM tahun 2013 mengambil ilmu industry peternakan, dan sekarang Bastoni sedang menempuh program S2 di UGM. Pemberian nama Hj. Dian berasal dari nama adik Bastoni, saat ini adiknya sedang kuliah di Jogjakarta menempuh pendidikan  S1.

Menjadi pengusaha tentu merupakan tantangan, keseriusan dalam mengelola dan memanajemen kegiatan usaha sendiri , dan keberanian Bastoni memulai usaha rumah makan dengan modal tidak sedikit yakni hingga Rp.2 Milyar.

Tentu usaha yang digeluti Bastoni termasuk usaha menengah atas karena modalnya besar dan memiliki 30 orang karyawan. Dibekali dengan ilmu materi pendidikan saat kuliah dan  didukung oleh latar belakang pekerjaan orang tua yakni pengusaha penjual daging sapi dan kerbau dengan produk unggul dan berkualitas serta usaha penjagalan daging. Usaha yang digeluti oleh orang tua Bastoni yakni Ibu Hj.rohasih dan Bapak H.Satori ini bernama “Sumber Rejeki” letaknya tak jauh dari tempat usaha pak Bastoni yakni di Jalan Desa Battembat No. 40 Kecamatan Tengah Tani Kabupaten Cirebon 45153. Telp. (0231) 3386687 atau kunjungi website :  www. rphsumberrejeki.blogspot.com .

Pengusaha muda yang masih lajang ini kini berusia 25 tahun, di usianya yang muda ia baru memulai usaha Empal Gentong Hj. Dian pada tanggal 14 agustus 2013 namun kini usahanya berkembang dan semakin dikenal masyarakat. “Tetap semangat dan jangan pernah menyerah, kalaupun pengunjung ramai bukan malah capek tapi malah tambah semangat dan senang melayaninya.“ ujar Bastoni menjelaskan kunci sukses usahanya kepada tim redakatur saat ditemui di RM Hj. Dian yang sedang ramai pengunjung. Suasana RM. Hj. Dian yang sedang ramai dan dipadati dengan kendaraan plat luar kota menambah daftar pengunjung. “Usaha Rumah makan saya buka dengan harapan semakin maju mengembangkan usaha orang tua, dilain sisi saya juga ingin jadi pengusaha  seperti orang tua, saya buat konsep yang beda dari rumah makan empal lainnya ada tempat parkir lebih nyaman dan aman, lesehannya juga ada, musholah, toilet,di ruang utama dapat menampung sekitar 80 orang, lesehan bawah 60 orang , ruang atas 150 org ”. Ujar Bastoni. (CT-125)

Komentar

News Feed