oleh

Ada Festival Pecinan di Kota Cirebon Pada 3-5 Februari 2023

Citrust.id – Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 atau 2023 di Kota Cirebon diprediksi bakal lebih meriah, karena tahun ini akan dilengkapi dengan Festival Pecinan yang diselenggarakan pada 3-5 Februari 2023 di Lapangan Kebumen.

Sejumlah persiapan dilakukan oleh panitia, seperti pemasangan lampion hingga pemasangan booth untuk pedagang. Keberadaan Festival Pecinan ini, dinilai strategis karena pada 5 Februari merupakan peringatan Cap Go Meh yang lokasinya tidak jauh dari Lapangan Kebumen.

“Sementara ini persiapannya sudah mencapai 75 persen, pada tanggal 3 Februari 2023 sudah bisa digelar,” ujar Prabu Diaz, selaku panitia pelaksanaan Festival Pecinan Cirebon, Selasa (31/1/2023).

Diaz menambahkan, pada gelaran Festival Pecinan ini akan menyuguhkan berbagai kuliner khas Tionghoa dan Cirebon.  Selain itu ada penampilan kesenian dan tradisi, baik khas Tionghoa dan Cirebon.

“Kuliner dan penampilan kesenian akan ada setiap hari, hanya saja kalau kuliner sejak pukul 10.00 WIB. Sedangkan kesenian dan tradisi mulai pukul 15.30 – 21.00 WIB. Jumlah tenant yang akan buka diperkirakan mencapai 50-60,” terangnya.

Kepala Disbudpar Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, SSos menjelaskan, Festival Pecinan diinisiasi oleh komunitas. “Kami dari perangkat daerah yang membidangi pariwisata dan kebudayaan menyambut baik kegiatan Festival Pecinan ini,” tutur Agus.

Agus menilai, penyelenggaraan Festival Pecinan ini merupakan bentuk kolaborasi antara Pemkot Cirebon dengan komunitas. Sehingga nanti akan masuk dalam kalender pariwisata Kota Cirebon tahun 2023.

“Penyelenggaraan Festival Pecinan ini bakal masuk kalender pariwisata Kota Cirebon tahun 2023. Pemkot Cirebon mendukung, karena kegiatan ini tidak hanya diisi seni budaya Tionghoa, tetapi juga Cirebon,” ucapnya.

Menyikapi Festival Pecinan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi mengatakan, Pemkot Cirebon mendukung dan memfasilitasi Festival Pecinan yang baru pertama kali digelar ini.

Sebagai bentuk dukungan dari Pemkot Cirebon, sejumlah perangkat daerah terlibat dalam kegiatan ini. Selain Disbudpar secara teknis, juga ada Dinas Lingkungan Hidup yang akan melakukan bersih-bersih di lapangan.

“Ada pula Dinas Perhubungan (Dishub) yang akan membantu pengaturan lalu lintas selama tiga hari pelaksanaan Festival Pecinan. Insya Allah Kamis kita akan rapat koordinasi,” katanya.  (Aming)

Komentar