oleh

Dosen dan Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tanam 750 Mangrove

Cirebontrust.com – Dosen dan mahasiswa Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah Jurusan Ilmu Hadis IAIN Syekh Nurjati Cirebon kompak menanam mangrove.

Dalam acara tersebut, sebanyak 750 pohon mangrove ditanam di pantai Desa Jadimulya, Kecamatan Gunungjati, Rabu (11/10). Penanaman mangrove ini merupakan pengabdian dosen kepada masyarakat melalui lingkungan.

Ketua Jurusan Ilmu Hadist Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Hj. Anisatun Mutiah mengatakan, penanaman mangrove ini merupakan aplikasi dari apa yang diperintahkan alquran dan Hadis.

“Dari alquran dan hadis banyak menerangkan tentang menjaga lingkungan. Hadis Nabi juga banyak yang menekankan menanam pohon. Bahkan sekalipun kiamat, dalam hadis menekankan menanam pohon karena dalam satu pohon yang kita tanam akan mendoakan kita kelak,” kata Anisatun.

Anisatun menambahkan, dirinya prihatin dengan garis pantai yang semakin menyusut. Sehingga dirinya tersentuh dan kemudian menanam mangrove agar mencegah abrasi.

“Jadi kita sebagai dosen tidak hanya memberi teori saja. Kita aplikasikan apa yang diperintahkan alquran dan Hadis dengan tanam mangrove, menjaga lingkungan,” katanya.

Sementara itu, Ketua LSM Panglaot Yudha Putra, Teuku Fakhrudin mengatakan semakin banyak komunitas yang mulai peduli dengan garis pantai. Sebab setiap tahunnya garis pantai di Kabupaten Cirebon mengalami abrasi mencapai dua meter.

“Saya apresiasi mulai ada dosen yang peduli terhadap pantai. Selama ini hanya mahasiswa dan komunitas saja, mungkin dosen juga tersentuh untuk melestarikan lingkungan,” kata Fakhrudin. (Iskandar)

BACA JUGA:   Terindikasi Ada Kecurangan, Warga Karanganyar Protes Hasil Pilwu

Komentar

News Feed