oleh

Kejaksaan dan Polres Majalengka Musnahkan Barang Bukti Narkotika

Citrust.id – Polres Majalengka dan Kejaksaan menggelar pemusnahan barang bukti narkotika jenis sabu dan daun ganja kering di halaman Polres Majalengka, Senin (19/9/2022).

Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi berharap, pemusnahan narkotika bisa mengurungkan niat para pelaku tindak pidana narkotika untuk melakukan perbuatannya. Pihaknya akan tetap akan melakukan pencarian dan penegakan hukum terhadap penyalahgunaan narkotika.

“Oleh karena itu, Polres Majalengka mengajak Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Majalengka untuk lebih bersinergi dalam penanganan kasus narkotika,” tuturnya.

Pemusnahan jenis sabu dengan cara memasukan sabu k edalam tabung kimia yang berisi air dan cairan asam sulfat. Sedangkan pemusnahan narkotika jenis daun ganja kering dengan cara memasukan daun ganja kering ke dalam blender yang berisi air.

“Sebelum pemusnahan barang bukti, ada pengecekan dengan menggunakan test kit atau screening dengan asuransi kebenaran 99 persen. Masukan sabu ke alat tersebut. Jika warnanya berubah menjadi ungu, maka zat atau sabu tersebut mengandung metamfetamin,” terang Kapolres Edwin Affandi.

Smeentara itu, Kejari Majalengka, Eman Sulaeman mengatakan, barang bukti kasus tindak pidana narkoba yang dimusnahkan, yaitu 53 gram sabu-sabu dan 53 daun ganja kering. Kegiatan itu merupakan bentuk sinergitas dalam pelaksanaan penegakan hukum.

“Pemusnahan barang bukti menjadi bentuk kerja sama antara APH, baik penyidik kepolisian, penuntut umum. dan pengadilan,” tutur Kejari Majalengka Eman Sulaeman.(Abduh)

Komentar