oleh

Disporapar Kuningan Gelar Kemah Bakti Kesatuan Pemuda

Citrust.id – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar ) Kuningan menggelar Kemah Bakti Kesatuan Pemuda se-Kabupaten Kuningan 2019 di lapangan Desa Kedungarum, Kecamatan Kuningan Kabupaten.

Ketua Pelaksana sekaligu Kasi Pemberdayaan Pemuda Bidang kepemudaan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Tasjuna, mengatakan, salah satu maksud dan tujuan kegiatan itu adalah untuk meciptakan pemuda-pemuda yang berprestasi, tangguh dan berpikir wawasan kebangsaan dengan tidak meninggalkan keberpihakan bagi kepentingan masyarakat.

“Manfaat dan tujuan kegiatan ini sebagai upaya membangun sikap, karakter yang disiplin, tahan tantangan, jujur, mandiri dan peduli akan sesama,” tambahnya.

Ia mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari dan diikuti 100 orang dari perwakilan dari setiap kecamatan dan perwakilan karangtaruna Desa Kedungarum.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Jaka Chaerul berharap, forum pemuda Kuningan dapat menjadi salah satu bagian penting dalam menjaga persatuan kesatuan dan kerukunan di Kuningan.

“Kegiatan ini memiliki nilai strategis dalam rangka memperkuat pembentukan karakter pemuda, meningkatkan daya saing serta kemandirian para pemuda yang dilandasi oleh semangat nasionalisme yang religius,” jelasnya.

Jaka menambahkan, Kemah Bakti Pemuda bertujuan untuk meningkatkan memahami wawasan kebangsaan, keanekaragaman seni budaya memupuk rasa persatuan dan kesatuan pemuda serta upaya meningkatkan keterampilan dan kreativitas menuju pemuda yang mandiri serta berjiwa nasionalisme.

“Pemuda akan menjadi penerus tongkat estafet dari cita-cita para pendiri bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang jaya dengan masyarakat yang madani,” katanya.

Para pemuda, kata Jaka, harus dapat menunjukkan jati dirinya dengan berinteraksi dan berdialog, bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam memecahkan permasalahan di berbagai macam bidang dengan mengedepankan kearifan untuk dapat menerima perbedaan.

“Jadikan perbedaan itu sebagai kekuatan besar untuk bersama-sama melanjutkan pembangunan di Kuningan lebih maju, sejahtera, dan lebih cerdas dalam bingkai NKRI,” sebutnya.

Menyinggung soal semangat pemuda, Jaka menegaskan, galang terus persaudaraan dan persahabatan sebagai bekal memupuk jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan. Kembangkan berbagai metodologi dan kegiatan yang dapat membangun harmoni, kerukunan, kekompakan, kesetiakawanan, dan kasih sayang.

“Selamat mengikuti Kemah Bakti Pemuda Kuningan. Semoga kegiatan ini akan menjadi sumber inspirasi bagi kita semua untuk melanjutkan pembangunan menuju Kuningan yang maju dan berdaya saing,” katanya. (Ipay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed