oleh

Deklarasi Ontha Astanajapura Dihadiri Ribuan Anggota Komunitas Pecinta Sepeda Tua

CIREBON (CT) – Acara Deklarasi Ontha (Onthel Astanajapura) dimeriahkan oleh ribuan Onthelis yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) dan Komunitas Onthel Cirebon dari berbagai daerah, seperti Kuningan, Majalengka, Tegal dan Bogor, Minggu (21/12).

Selain itu, acara yang berlangsung di Desa Mertapada Kulon, tepatnya di kantor Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon tersebut juga menyuguhkan hiburan musik dangdut dan pameran jual-beli barang-barang antik berupa aksesoris Onthel.

Sebelumnya, para Onthelis tersebut berkeliling wilayah Sindanglaut, Kabupaten Cirebon dengan menggunakan berbagai atribut khas daerah dan tradisional. “Kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi bagi para pencinta sepeda tua sekaligus meresmikan club atau komunitas baru di lingkungan Onthel wilayah Cirebon,” ujar Obi Sobirin selaku panitia penyelenggara sekaligus penggagas Komunitas Ontha.

‎Sementara itu, ketua Komunitas Onthel Indonesia (Kosti) Jabar residen 3, Santo Mulyono mengatakan, selain sebagai sarana silaturahmi, kegiatan tersebut merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat untuk melestarikan sepeda tua sebagai salahsatu warisan sejarah nenek moyang.

“Kita sebagai generasi penerus perlu melestarikan sepeda tua ini. Karena tidak dipungkiri, sepeda tua merupakan moda transportasi jaman dulu yang digunakan orangtua untuk beraktifitas dan mencari nafkah,” tuturnya.

Katanya, komunitas sepeda tua merupakan sebuah perkumpulan untuk melakukan kegiatan dari perpaduan antara seni dan olahraga. “Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat membantu kampanye pemerintah mengenai Go Green, dan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat dengan bersepeda serta pelestarian sejarah dan kebudayaan,” ungkapnya.(CT-108)

BACA JUGA:   SBI Kenalkan Brand Semen Dynamix di Cirebon

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed