oleh

Capai UHC, Pemkot Cirebon Raih Penghargaan dari BPJS Kesehatan

Citrust.id – Pemerintah Kota Cirebon memperoleh penghargaan atas komitmen dalam mencapai cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tahun 2020, Rabu (16/9).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Direktur Pengawasan, Pemeriksaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan kepada Wakil Walikota Cirebon, Hj. Eti Herawati, dalam acara evaluasi kerja sama dengan mitra BPJS Kesehatan.

Direktur Pengawasan, Pemeriksaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, Bayu Wahyudi, menyampaikan, penghargaan yang diberikan merupakan bentuk apresiasi kepada mitra BPJS Kesehatan, dalam hal ini Pemerintah Daerah, atas komitmen yang tinggi dalam memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh penduduknya.

“Semoga penghargaan ini akan lebih menambah motivasi mitra kerja BPJS Kesehatan untuk terus meningkatkan partisipasi dan dukungannya terhadap Program JKN-KIS, dan menjadikan Propinsi Jabar sebagai Provinsi UHC JKN-KIS,” tutur Bayu Wahyudi.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Direksi Wilayah Jawa Barat BPJS Kesehatan, Fachrurrazi, menjelaskan, untuk mewujudkan cakupan kesehatan semesta, diperlukan dukungan dari berbagai pihak, terutama peran Pemerintah Daerah.

Kota Cirebon merupakan daerah pertama di Provinsi Jawa Barat yang telah mencapai cakupan kesehatan semesta. Oleh karenanya Fachrurrazi menyampaikan apresiasi yang tinggi atas dukungan Pemerintah Kota Cirebon terhadap Program JKN-KIS.

“Dengan tercapainya Universal Health Coverage sejak tahun 2017, ini menunjukkan adanya komitmen yang tinggi dari Pemerintah Kota Cirebon untuk dapat memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh penduduk di Kota Cirebon sesuai dengan segmentasinya,” kata Fachrurrazi.

Senada dengan Fachrurrazi, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Budi Setiawan, menyampaikan juga rasa terima kasih atas kontribusi Pemerintah Kota Cirebon yang telah menggerakkan warganya menjadi Peserta JKN-KIS. Sampai dengan saat ini sebanyak 327.359 penduduk Kota Cirebon telah memiliki jaminan kesehatan serta terdaftar sebagai Peserta JKN-KIS.

BACA JUGA:   Penyaluran Bansos di Majalengka Libatkan Ojol

“Semoga kemitraan yang terjalin dapat semakin menyejahterakan penduduk di bidang kesehatan khususnya penduduk Kota Cirebon,” ujar Budi Setiawan.

Sementara itu Wakil Walikota Cirebon, Hj. Eti Herawati, menyampaikan ucapan syukurnya karena seluruh penduduk Kota Cirebon telah memiliki jaminan kesehatan. Tanpa adanya gotong royong dari semua pihak, jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk di Kota Cirebon tidak akan terwujud.

Meski telah mencapai cakupan kesehatan semesta, Eti berharap, seluruh penduduk Kota Cirebon dapat menjaga pola hidup yang sehat sehingga terhindar dari sakit.

“Dengan tercapainya UHC di Kota Cirebon, bersama kita wujudkan jaminan kesehatan yang bermutu dan berkeadilan untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya,” ucap Eti. (Haris)

Komentar

News Feed