oleh

Bupati Resmikan Kantor Desa Wiyong Sekaligus Minta Desa Manfaatkan Dana Desa

Cirebontrust.com – Bupati Cirebon, H Sunjaya Purwadisastra meminta agar Pemerintah Desa memanfaatkan dengan baik Dana Desa. hal itu disampaikan usai meresmikan kantor Desa Wiyong, Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon, Rabu (18/01).

Sunjaya meminta, agar Dana Desa diprioritaskan untuk membangun infrastruktur. Kantor desa yang baru diresmikan, setelah selesai dibangun untuk menggantikan bangunan lama, dan pembangunan berlangsung selama tiga bulan.

Sunjaya mengapresiasi langkah kuwu Desa Wiyong, karena berhasil memanfaatkan dana desa secara maksimal. Bahkan sebagai kabar baru, Sunjaya menyampaikan tahun 2017 Dana Desa bertambah sebesar Rp 77 miliar.

“Kan tidak lucu, kalau anggaran terus ditambah tapi infrastruktur masih buruk, selain infrastruktur porsi lainnya yang harus diperhatikan adalah terkait pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Desa, kata orang nomor satu di Kabupaten Cirebon itu harus mampu memberdayakan masyarakatnya baik dari sisi ekonomi maupun yang lainnya. Sehingga tercipta kesejahteraan.

Pembangunan kantor baru ini, menurutnya memang dikerjakan dari Dana Desa senilai Rp 283 juta.

“Pembangunan kantor baru ini kan, sebagai langkah penyemangat dalam bekerja. Jadi jangan ada cerita kuwu dan perangkat desa bermalas-malasan, setelah ada kantor baru yang lebih representatif,” kata Sunjaya.

Selain meminta jangan bermalas-malasan, Sunjaya juga meminta perangkat desa untuk bisa meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Sunjaya mengingatkan, saat ini tim pemberantasan pungutan liar sudah dikukuhkan, maka tidak ada alasan lagi para perangkat desa, harus meningkatkan pelayanan tanpa meminta imbalan apapun karena mereka telah diberikan tunjangan.

“Perlihatkan bahwa perangkat desa, merupakan abdi masyarakat yang mampu memberikan pelayanan tanpa pamrih. Kuwu hari ini tidak bisa meresmikan kantor barunya kalau dulunya tidak didukung oleh masyarakat, maka berikanlah yang terbaik bagi masyarakat,” ujarnya. (Iskandar)

BACA JUGA:   Sukawana Dream Village Mulai Bangkit di Tengah Pandemi Covid-19

Komentar

News Feed