oleh

Bumdes Banjaran Edukasi Pengelolaan Sampah kepada Anak Usia Dini

Citrust.id – Kepedulian terhadap permasalahan sampah menjadi prioritas program kerja dan giat relawan DSA BUMDes Banjaran.

Kepedulian tersebut diapresiasikan pada kegiatan edukasi sampah bagi anak usia dini, Senin (5/10). Kegiatan itu menggandeng para siswa PAUD dari kelompok bermain At-Taqwa dan kelompok bermain Al-Hidayah serta kader posyandu.

Kepala Desa Banjaran, Efen Suprai, menyampaikan, masih banyak masyarakat yang membuang sampah di sembarang tempat.

“Ini harus menjadi keprihatinan kita. Kami mengapresiasi kinerja tim bank sampah Banhil Recycle yang lebih dulu memberikan perhatian serius terhadap permasalahan sampah di Desa Banjaran,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua BUMDes Desa Banjaran yang juga Ketua Forum BUMDes Provinsi Jawa Barat, Eman Suherman, menyampaikan, kehadiran Relawan DSA BUMDes Banjaran yang merupakan Bagian dari Program Desa Sejahtera Astra dituntut memberikan arti dan manfaat yang baik bagi masyarakat desa Banjaran.

“Maka, kepedulian dan keprihatinan tersebut hari ini diaplikasikan pada kegiatan edukasi sampah bagi anak usia dini. Anak-anak kita pastinya akan meniru perilaku yang dilakukan orang tuanya. Apalagi pada masa keemasan usia dini,” kata Eman.

Ke depan di semua blok harus ada bank sampah. Dimulai dari lingkup terkecil dulu, yaitu di lingkungan sekolah PAUD. Masing masing disiapkan tabungan sampah.

“Pengelolaan bisa dimulai pada anak usia dini. Mereka bisa diajarkan membuang sampah pada tempatnya. Perlahan kita bisa perkenalkan tentang sampah organik dan sampah nonorganik,” jelas Eman. (Abduh)

Komentar

News Feed