oleh

BPJS Kesehatan Cirebon adakan Sosialisasi Perjanjian Kerja Sama FKTP

Citrust.id – Sebagai upaya mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Cirebon adakan pertemuan dengan seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Rabu (22/12).

Dalam pertemuan melalui media video conference tersebut, dilakukan sosialisasi dan evaluasi kepada seluruh FKTP di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Cirebon. Kegiatan itu juga dihadiri perwakilan Dinas Kesehatan di wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Indramayu.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Ridha Mugiar, menyampaikan, untuk tahun 2022, sebanyak 430 FKTP telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan di wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Kuningan.

Adapun 430 FKTP tersebut terdiri dari 172 Dokter Praktik Perorangan (DPP), 90 Klinik Pratama, dan 168 Puskesmas. Seluruh FKTP yang telah bekerja sama itu telah melewati berbagai prosedur serta memenuhi persyaratan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Sosialisasi itu diharapkan dapat semakin mengoptimalkan pemahaman FKTP tentang ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam perjanjian kerja sama, terutama hak dan kewajiban FKTP serta BPJS Kesehatan.

“Pemahaman akan hak dan kewajiban dalam perjanjian kerja sama kemitraan menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi pelayanan yang diberikan kepada Peserta JKN-KIS. Sosialisasi ini mudah-mudahan dapat meminimalkan kendala dalam pelaksanaan kerja sama pada tahun 2022, sehingga pelayanan terhadap Peserta JKN-KIS terus meningkat,” jelas Ridha.

Sementara itu, salah satu DPP di wilayah Kabupaten Cirebon yang bermitra dengan BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Topan Wibisana, menyampaikan kesiapannya untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS, sesuai dengan prosedur pelayanan yang ditentukan. Ia juga berharap adanya dukungan dari berbagai pihak untuk dapat bersinergi membenahi pelayanan yang perlu di optimalkan.

“,Kami berkomitmen untuk dapat bersinergi baik dengan BPJS Kesehatan Cabang Cirebon. Kami berharap dapat selalu memberikan pelayanan kesehatan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin kepada masyarakat dan seluruh Peserta JKN-KIS,” ujar Topan. (Haris)

Komentar