oleh

BMKG Imbau Pemudik Waspadai Hujan Deras dan Banjir Rob

Ilustrasi

CIREBON (CT) –  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau pemudik untuk mewaspadai kondisi cuaca selama musim mudik 2016. BMKG memperkirakan gelombang laut tinggi hingga hujan deras di sejumlah daerah yang berpotensi menyebabkan banjir.

Agus Wahyu Rahardjo, Kepala Bidang Meteorologi Maritim BMKG mengatakan, bahwa peluang hujan masih akan terjadi hingga Lebaran khususnya di wilayah Sumatera Barat, Lampung, Jawa, hingga Bali.

Agus juga mengungkapkan bahwa potensi terjadinya fenomena pasang muka air laut atau kondisi dimana air laut naik ke daratan akibat level daratan yang lebih rendah dari permukaan air laut. Kondisi tersebut menurutnya tengah terjadi di wilayah Utara Pulau Jawa khususnya di Semarang dan Tegal Jawa Tengah.

Fenomena pasang muka air laut tersebut terjadi lantaran saat ini Indonesia tengah memasuki masa Spring Thight Position atau posisi di mana matahari, bulan, dan bumi berada sejajar. Fenomena ini, kata Agus, umumnya terjadi di awal bulan baru atau bulan mati menjelang purnama.

Selain fenomena gelombang tinggi dan banjir rob, BMKG juga mengimbau adanya potensi hujan di wilayah Jabodetabek. Meski diprediksi tidak terlalu lebat, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprediksi akan mengguyur wilayah Ibu Kota dan sekitarnya pada waktu malam hari. (Net/CT)

BACA JUGA:   Pesan Walikota untuk Guru, Siswa dan Orangtuanya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed