oleh

Baikkah Olahraga Lari dengan Mengenakan Jaket?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Informasi yang beredar, olahraga lari yang murah meriah ini dengan cara mengenakan jaket banyak dikerjakan orang dengan maksud mempercepat penurunan berat tubuh. Dalam satu minggu bila dikerjakan tiga sampai lima kali, lari dapat turunkan bobot sekitar setengah sampai satu kilogram. Hal tersebut ternyata hanya mitos!

Faktanya, berlari mengenakan jaket hanya bisa mempercepat keluarnya cairan, tetapi tak mempercepat pembakaran lemak. Setelah itu, suhu tubuh bisa menjadi sangat tinggi hingga akhirnya menyebabkan heat stroke jika tidak segera mengonsumsi cairan. Saat suhu tubuh tinggi, pemakaian jaket juga hanya memperparah kondisi tubuh. Gejala heat stroke di antaranya ialah pandangan mulai berkunang-kunang, wajah pucat, tangan dingin, hingga tak sadarkan diri. Ketika tubuh kekurangan cairan, darah akan menjadi kental sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu, termasuk ke jantung hingga otak. Heat stroke biasanya terjadi pada pelari jarak jauh.

Untuk itu, baiknya berlari menggunakan pakaian yang nyaman, tidak terlalu tebal, dan menyerap keringat. Selain itu, sangat penting untuk minum air putih maupun minuman isotonik dan minuman olahraga untuk menghindari dehidrasi saat berlari. (Net/CT)

Komentar

News Feed