oleh

Bagaimana Peran Hutan dalam Mencukupi Kebutuhan Air?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Sebenarnya, jika dikelola secara lestari, hutan memberikan kontribusi yang signifikan untuk mengurangi erosi tanah dan risiko tanah longsor, bencana alam yang dapat mengganggu sumber dan pasokan air tawar. Hutan melindungi dan merehabilitasi daerah rawan degradasi tanah dan erosi di daerah dataran tinggi.

Pada tahun 2030, dunia diprediksi akan menghadapi 40 persen defisit air global di bawah skenario iklim seperti biasa. Hutan berada di garis depan untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Dalam hal air, salah satu keuntungannya adalah efek pendinginan hutan pada lingkungan yang dihasilkan melalui evapotranspirasi dan suasana teduh.

Dampak dari perubahan iklim dalam peningkatan bencana seperti banjir, kekeringan dan tanah longsor, semuanya dapat dipengaruhi oleh tutupan hutan. Selain itu, skala besar deforestasi dapat berdampak pada pola curah hujan. Hutan merupakan komponen kunci dari pengelolaan DAS. Hutan menjaga stok dan kualitas air tawar di daerah aliran sungai yang memiliki peran penting dalam ekologi bumi dan kontribusi yang signifikan terhadap kemakmuran dan kesejahteraan manusia. (Net/CT)

Komentar

News Feed