oleh

Asiknya Buang Sampah di Mesin ATM Bisa Dapat Voucher Uang!

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Cara baru membuang sampah mulai bergeliat. Siapa orangnya yang tidak mau membuang sampah tetapi justru mendapatkan uang? Semua pasti mengacungkan tangannya. Ya, kabar menyenangkan ini datang dari Kota Denpasar Bali.

Warga ramai-ramai mencari sampah dan memasukkannya ke mesin ATM sampah. Mesin yang didatangkan dari Norwegia dan bernama Tomra itu mampu mengeluarkan voucher yang dapat ditukarkan menjadi rupiah. Mesin tersebut berasal dari perusahaan Asia Pura. Rencananya, mesin ATM sampah akan terus bertambah menjadi 25 unit. Pihak Asia pura mengatakan bahwa mengimpor mesin itu, tidak melalui kerjasama antar pemerintah, namun melalui jalur swasta. Harga satu mesin berkisar antara Rp200 juta-Rp250 juta.

Latar belakang pengadaan mesin Tomra, karena salah satu pegawai perusahaan tersebut menilai kesadaran warga dalam membuang sampah khususnya plastik dan kaleng bekas minuman tergolong rendah. Mereka kerap membuang di sembarang tempat sebagaimana kebiasaan warga Indonesia pada umumnya.

Lalu, bagaimana cara kerja mesin ATM sampah? Botol plastik atau kaleng minuman yang kosong dimasukan ke dalam mesin ATM. Kemudian, mesin akan mengeluarkan voucher yang bisa diuangkan. Untuk botol berukuran kecil dihargai Rp50, botol besar dihargai Rp80, dan kaleng minuman ringan senilai Rp150. (Net/CT)

BACA JUGA:   Revitalisasi Waduk Darma Dikeluhkan Pedagang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed